Thursday, 7 Jumadil Awwal 1444 / 01 December 2022

Daftar Makanan yang Direkomendasikan bagi Anak Usia 7-10 Tahun

Jumat 15 Apr 2022 13:10 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah

Anak usia tujuh hingga 10 tahun perlu konsumsi ragam jenis makanan untuk pertumbuhan.

Anak usia tujuh hingga 10 tahun perlu konsumsi ragam jenis makanan untuk pertumbuhan.

Foto: Pixabay
Anak usia tujuh hingga 10 tahun perlu konsumsi ragam jenis makanan untuk pertumbuhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anak-anak dalam usia pertumbuhan antara tujuh dan 10 tahun perlu mengonsumsi berbagai makanan untuk pertumbuhan dan perkembangan yang sehat. Mereka terobsesi dengan makanan tertentu atau ingin mencoba makanan yang berbeda pada usia ini.

"Hal ini membutuhkan kreativitas dalam memasak, penyajian makanan yang menarik, dan kesadaran akan makanan," ujar Pakar Perkembangan Anak dan Parenting, Dr Kriti Israni seperti dilansir dari laman PinkVilla, Jumat (15/4/2022).

Baca Juga

Berikut adalah beberapa makanan penting bagi anak usia tujuh hingga 10 tahun yang direkomendasikan pakar.

Yogurt dan Keju

Ini adalah sumber kalsium yang kaya. Ini memberi sistem kekebalan Anda dorongan, membantu kesehatan usus Anda dan membantu menurunkan kolesterol. Tinggi protein, baik yogurt maupun keju dapat dikonsumsi dengan berbagai cara yang menarik.

 

Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber yang kaya akan magnesium, selenium, fosfor dan lemak. Mereka membantu dalam perkembangan otak dan jantung yang sehat. Berkat tingkat seratnya yang tinggi, lemak tak jenuh dan polifenol, kacang-kacangan dan biji-bijian mendukung dalam membangun dan memelihara mikroflora usus. Mereka memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

 

Pisang

Dikemas dengan vitamin dan mineral, Pisang memang salah satu makanan super terbaik untuk dimasukkan ke dalam makanan anak-anak. Ini adalah camilan pra-olahraga yang enak. Dapat dikonsumsi sebagai camilan, dicampur dengan buah-buahan lain, dikonsumsi sebagai smoothie, dimakan dengan selai kacang atau dimasukkan sebagai bagian dari makanan penutup yang sehat seperti kue oat pisang, muffin pisang dan parfait pisang buatan sendiri.

 

Telur

Sumber zat besi, protein, asam lemak esensial dan vitamin, telur dianggap sebagai sumber nutrisi bagi anak-anak. Ini membantu dalam meningkatkan aktivitas metabolisme, menjaga rasa lapar sehingga mengurangi kebutuhan untuk mengemil makanan tinggi gula, junk food tinggi lemak. Telur dapat disiapkan dengan berbagai cara dan merupakan makanan perjalanan yang baik dalam diet anak-anak.

 

Ikan Berlemak

Kaya akan Omega-3 ikan berlemak seperti salmon dan trout dianggap aman dan meningkatkan kesehatan otak. Ini juga meningkatkan tidur pada anak-anak yang sedang tumbuh. Sebagian besar anak-anak sangat menyukai sandwich ikan, fish finger, dan ikan bakar yang diolesi mentega. Tentu saja, Anda harus memeriksa alergi pada anak Anda.

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA