Monday, 28 Zulqaidah 1443 / 27 June 2022

Wapres Minta Kepala Daerah Jadi Penggerak Ekonomi Syariah

Kamis 14 Apr 2022 23:34 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Wakil Presiden Maruf Amin. Wapres berharap Kepala Daerah kawal pengembangan produk halal di wilayahnya

Wakil Presiden Maruf Amin. Wapres berharap Kepala Daerah kawal pengembangan produk halal di wilayahnya

Foto: Dok. BPMI/Setwapres
Wapres berharap Kepala Daerah kawal pengembangan produk halal di wilayahnya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta peran kepala daerah untuk menggerakkan dan mengembangkan berbagai potensi ekonomi dan keuangan syariah di seluruh Tanah Air. Wapres mengatakan, kemajuan pengembangan ekonomi syariah tidak lepas dari peranan kepala daerah.

"Peran kepemimpinan gubernur dan bupati/wali kota, sangat penting dalam menggerakkan dan mengembangkan berbagai potensi ekonomi dan keuangan syariah di seluruh pelosok tanah air," kata Wapres di acara Talkshow dan Anugerah Adinata Syariah 2022, Kamis (14/4).

Wapres mendorong partisipasi dan kontribusi daerah agar potensi aneka sektor halal unggulan yang ada di tiap-tiap daerah dapat masuk dalam rantai nilai halal nasional maupun global.

Untuk itu, Wapres berharap peran dan dukungan kepala daerah terus mengawal pengembangan UMKM, baik di Kawasan Industri Halal maupun di luar kawasan. Begitu juga, pembangunan ekosistem UMKM ekspor melalui platform digital, termasuk percepatan sertifikasi halal bagi produk-produk UMKM, serta berbagai program lainnya.

Menurutnya, diperlukan kolaborasi yang kuat antara pemerintah pusat dan daerah, akademisi dan institusi pendidikan tinggi di daerah, industri dan pelaku usaha, termasuk organisasi masyarakat dan media,

"Saya mengajak seluruh elemen masyarakat bersama Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), untuk mendorong sektor-sektor usaha yang sesuai dengan kaidah syariah agar menjadi sektor unggulan," katanya.

Sementara dalam aktualisasi sistem, Wapres menilai digitalisasi menjadi faktor yang tidak terhindarkan.

"Beberapa waktu lalu saya berkesempatan menyaksikan bagaimana digitalisasi sektor pertanian halal dikembangkan di lingkungan pesantren maupun perdesaan di Jawa Barat. Saya berharap daerah-daerah lain juga dapat turut memajukan sektor-sektor halal unggulan dengan mengadopsi teknologi digital," kata Wapres.

Wapres juga berharap agar Anugerah Adinata Syariah 2022 ini dapat memacu pemerintah daerah untuk terus mengembangkan ekosistem ekonomi dan keuangan syariah di daerahnya masing-masing.

"Mudah-mudahan Anugerah Adinata Syariah ini membawa manfaat dan berkah bagi umat, serta memotivasi peningkatan peran kepemimpinan kepala daerah, utamanya dalam mengembangkan potensi ekonomi dan keuangan syariah, sesuai dengan kearifan lokal," katanya.

Sebelumnya, Chairman Infobank Eko B. Supriyanto menyampaikan Anugerah Adinata Syariah 2022 merupakan bentuk dukungan dan apresiasi yang diberikan kepada pemerintah daerah yang berperan aktif mengembangkan potensi ekonomi dan keuangan syariah. Ia berharap upaya ini dapat dapat menjadi kekuatan baru ekonomi syariah di masa yang akan datang.

"Infobank dan KNEKS mendorong kegiatan dan terutama dari daerah ini agar potensi tidak hanya menjadi potensi, tapi sudah menjadi kenyataan," kata Eko.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA