Wednesday, 30 Zulqaidah 1443 / 29 June 2022

7 Langkah Menerapkan Strategi Pemasaran Kedai kopi

Sabtu 16 Apr 2022 05:12 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

7 Langkah Menerapkan Strategi Pemasaran Kedai kopi

7 Langkah Menerapkan Strategi Pemasaran Kedai kopi

Kamu perlu fokus pada bisnis kedai kopimu dengan menerapkan strategi berikut ini!

Tren nongkrong sambil minum kopi masih begitu diminati di tanah air, terutama oleh anak muda. Hal ini membuat pangsa pasar dalam bisnis kedai kopi menjadi terbuka lebar dan masih menjanjikan. 

Tak perlu khawatir dengan banyaknya kompetitor di luar sana. Ketika kamu memiliki strategi pemasaran yang tepat sejak awal, maka mendapatkan pelanggan, bisnis berkembang dan sukses ini akan lebih mudah didapatkan. 

Berikut ini ada beberapa langkah strategi pemasaran yang bisa diterapkan dalam bisnis kopi: 

 

1. Utamakan Kualitas Produk 

Kedai kopi

Utamakan kualitas produk

Hal pertama yang harus kamu cermati adalah kualitas produk yang akan kamu jual kepada pelanggan. Produk yang berkualitas baik mungkin saja akan membutuhkan biaya bahan baku dan juga biaya produksi yang lebih tinggi. 

Hal ini juga tentu akan membuat harga produk tersebut juga akan cenderung mahal, jika dibandingkan dengan produk sejenis lainnya di pasaran. Di lain sisi, produk yang berkualitas seperti ini justru akan memberikan citarasa yang lezat dan mudah disukai. 

Pelanggan akan puas ketika menikmati produk tersebut dan merasa mendapatkan kualitas sepadan dari harga yang mereka bayarkan. Kondisi seperti ini akan membuat kedai kopi cepat dikenal dan mendapatkan pangsa pasar tersendiri. 

2. Mampu Menjadi “Rumah Ketiga” 

Kenyaman selalu menjadi poin penting untuk sebagian besar orang, termasuk mereka yang senang minum kopi. Sebagian orang tidak hanya sekedar datang dan membeli kopi saja, namun mereka ingin tinggal beberapa saat dan menikmati waktu dengan santai di kedai kopi. Inilah salah satu alasan mengapa kedai kopi identik sebagai tempat nongkrong. 

Kamu harus bisa menjadikan kedai kopi sebagai “rumah ketiga” bagi para pelanggan, tentunya setelah rumah dan kantor/ kampus mereka. Di tempat ini mereka bisa berkumpul dengan teman-temannya dan menghabiskan waktu santai dengan menikmati menu-menu yang disediakan. Tempat yang seperti ini akan mudah mendapatkan pelanggan tetap.

Baca Juga:  Bisnis Kopi Agar Laris" href="https://www.cermati.com/artikel/tak-ada-kata-terlambat-begini-3-cara-cepat-branding-bisnis-kopi-agar-laris" target="_blank">Tak Ada Kata Terlambat, Begini 3 Cara Cepat Branding Bisnis Kopi Agar Laris

3. Kepuasan Pelanggan Menjadi Poin Penting

Kepuasan pelanggan akan menentukan kesuksesan bisnis. Hal ini berlaku dalam semua bisnis, termasuk bisnis kedai kopi. Pelanggan yang mendapatkan layanan terbaik dan produk yang berkualitas tentu akan menikmati setiap detik waktunya saat berada di kedai kopi. Hal seperti ini akan memberikan pengalaman yang menyenangkan dan membuat mereka selalu loyal. 

4. Jangan Berhenti Berinovasi

kedai kopi

Kedai kopi

Kebanyakan pelanggan akan menginginkan pengalaman baru yang lebih menyenangkan. Hal ini hanya dapat diberikan jika kamu selalu melakukan inovasi di dalam kedai kopi tersebut. Tuangkan ide dan kreasi terbaru dalam beragam menu yang lezat, agar pelanggan tidak bosan. 

Selain itu, memberikan sentuhan segar dalam penampilan kedai kopi juga bisa dilakukan secara berkala. Semua ini akan membuat pelanggan kembali datang dan datang lagi untuk menikmati waktu dan secangkir kopi. 

5. Pilih Lokasi yang Tepat

Lokasi bisnis juga akan menjadi poin penting yang tak bisa diabaikan, sebab ini juga sangat mempengaruhi kesuksesan bisnis. Kedai kopi yang menyasar anak muda tentu akan lebih cocok dibangun di kawasan kampus atau sekolahan. 

Jika target pasarnya adalah pekerja kantoran, maka memilih lokasi di dekat jalanan kota yang banyak perkantorannya tentu bisa menjadi pilihan tepat. Hal ini akan memungkinkan kamu mendapatkan banyak pelanggan yang tepat. 

Baca Juga: 6 Bisnis Franchise Es Kopi Susu yang Lagi Hits, Modal Mulai dari Rp 5 Jutaan

6. Manfaatkan Media Sosial

Media sosial menjadi salah satu wadah tercanggih untuk melakukan kegiatan promosi. Tampilkan bisnismu dengan menarik di sana, sehingga lebih banyak orang yang melihat dan mengenalnya. 

Gunakan foto berkualitas dan estetik dengan latar kedai kopi yang unik, agar mudah menarik minat. Selain itu, memaksimalkan pemasaran kedai kopi ini dengan memberikan penawaran diskon atau voucher yang membuat orang tertarik untuk datang. 

7. Adakan Promo Spesial di Momen Khusus

Jangan lupa mengadakan promo spesial untuk momen-momen tertentu, seperti valentine atau tahun baru. Kamu bisa membuat program buy 1 get 1 free, voucher diskon hingga 50% khusus bagi yang berulang tahun, dan yang lainnya. Tampilkan berbagai penawaran promo ini di media sosial, agar lebih banyak orang yang melihat dan tertarik. 

Terapkan Strategi Pemasaran yang Tepat 

Berencana membuka kedai kopi, kamu tentu sudah memiliki banyak rencana sejak awal. Pastikan kamu juga menyusun strategi pemasaran yang tepat dalam bisnis ini. Amati strategi bisnis minuman yang lain, kemudian kamu bisa inovasi dan terapkan di bisnismu. Dengan begitu, bisnis akan berkembang.

Baca Juga: Ingin Memulai Bisnis kopi? Pahami Dulu Cara Menghitung Target Penjualannya

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA