Rabu 13 Apr 2022 19:53 WIB
SEA GAMES 2021

Resmi, Timnas Futsal Putra Dapat Rekomendasi Tampil di SEA Games Vietnam

Timnas futsal putra memiliki catatan prestasi yang lebih baik dibandingkan tim putri.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Timnas Futsal Indonesia di Piala AFF 2022.
Foto: DOK PSSI
Timnas Futsal Indonesia di Piala AFF 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas futsal putra Indonesia akhirnya mendapat kepastian dari Kemenpora RI untuk bisa bermain di SEA Games Vietnam 2021. Chef de Mission (CdM) atau Ketua kontingen Indonesia Ferry J Kono mengungkapkan pihaknya telah menambahkan cabang olahraga futsal putra kepada panitia penyelenggara SEA Games 2021 Vietnam.

Kepastian itu didapatkan berdasarkan rekomendasi dari tim review Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional (PPON). Rekomendasi mengacu pada data dan track record prestasinya yang disampaikan dalam Rapat Koordinasi yang dipimpin Menpora RI Zainudin Amali terkait Persiapan SEA Games Hanoi 2021 di kantor Kemenpora, Rabu (13/4/2022).

Baca Juga

"Kami sudah mendengarkan rekomendasi dari tim review, dalam hal ini Prof Asmawi di mana dalam rekomendasinya cabang olahraga yang sudah ditetapkan baik DBON maupun non DBON akan ditambah satu cabang olahraga baru yaitu futsal putra. Itu hasil review," kata Ferry dikutip dari laman resmi Kemenpora, Rabu (13/4/2022).

Menurut Ferry, pihaknya akan melakukan akreditasi untuk tim futsal putra supaya bisa bertanding di SEA Games. "Akreditasi akan kami lakukan karena memang khusus untuk sepak bola, panitia menyiapkan sistem drawing di awal," katanya.

Sementara itu, Ketua tim review Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional (PPON) Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Prof Dr Moch Asmawi menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan review sehingga diputuskan tim futsal putra yang diberangkatkan ke SEA Games, bukan tim futsal putri.

"Kami mempunyai data yang lengkap, ternyata tim putra mempunyai tes, parameter, termasuk fisik yang lebih baik dibandingkan yang putri," kata Asmawi.

Selain itu, Asnawi mengungkapkan tim futsal putra juga memiliki record prestasi yang lebih baik dibandingkan putri, di antaranya pernah menjuarai Piala AFF 2010, tiga kali runner-up AFF, lima kali juara tiga di AFF. Selain itu, yang terbaru adalah timnas futsal Putra berhasil menyelesaikan Piala AFF 2022 sebagai runner-up setelah dikalahkan tim tuan rumah, Thailand, lewat adu penalti.

"Ini yang menjadi lebih meyakinkan kami. Kami simpulkan tim putra lebih layak diberangkatkan, kami memberikan rekomendasi untuk tim putra futsal," jelas Asmawi.

Di samping itu, tim putra juga mempunyai pelatih asing. Sebelumnya dilatih oleh pelatih yang berasal dari Jepang, kemudian saat ini dilatih oleh pelatih dari Iran. "Saya kira ini penguatan karena Iran itu adalah tim yang kemarin mengikuti kejuaraan dunia," kata Asmawi.

Terkait keberangkatan tim putri, tim review memastikan hanya akan memberangkatkan tim futsal putra. Sementara itu, pihaknya telah memanggil Federasi Futsal Indonesia (FFI) terkait hal tersebut. "Tim putri tidak usah berangkat, karena kami sudah sepakat. Kami merekomendasikan untuk tim putra, ini rekomendasi tim review," tegas Asmawi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement