Selasa 12 Apr 2022 19:19 WIB

Biden ke Modi: Beli Minyak Rusia Bukan Kepentingan India

Pembelian minyak ke Rusia menghambat reaksi AS terhadap perang di Ukraina.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Friska Yolandha
Presiden Joe Biden bertemu secara virtual dengan Perdana Menteri India Narendra Modi di South Court Auditorium di kampus Gedung Putih di Washington, Senin, 11 April 2022.
Foto: AP Photo/Carolyn Kaster
Presiden Joe Biden bertemu secara virtual dengan Perdana Menteri India Narendra Modi di South Court Auditorium di kampus Gedung Putih di Washington, Senin, 11 April 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan kepada Perdana Menteri India Narendra Modi bahwa membeli lebih banyak minyak dari Rusia bukanlah kepentingan India. Pembelian minyak ke Rusia menurut Biden juga menghambat reaksi AS terhadap perang di Ukraina.

Biden dan Modi melakukan panggilan video yang dikatakan hangat dan terbuka. Keduanya menyatakan kekhawatiran yang meningkat atas kehancuran di dalam negeri Ukraina, terutama di Bucha.

Baca Juga

"Biden berhenti membuat permintaan konkret dari Modi pada Senin," kata seorang pejabat AS.

Pejabat itu juga mencatat bahwa AS memiliki kekhawatiran tentang India yang memperdalam hubungan antara Rusia dan China. Namun Biden mengatakan kepada Modi bahwa posisi India di dunia tidak akan ditingkatkan dengan mengandalkan sumber energi Rusia.

"Presiden menyampaikan dengan sangat jelas bahwa mereka tidak berkepentingan untuk meningkatkan itu," kata juru bicara Gedung Putih Jen Psaki.

Menteri Luar Negeri India Subrahmanyam Jaishankar menolak pertanyaan tentang pembelian energi India dari Rusia. Ia mengatakan bahwa fokusnya harus di Eropa, bukan India.

"Mungkin total pembelian kami untuk bulan ini akan kurang dari apa yang dilakukan Eropa pada sore hari," katanya.

Pembicaraan luas antara dua negara demokrasi terbesar di dunia terjadi ketika AS mencari lebih banyak bantuan dari India dalam mengutuk, dan menerapkan tekanan ekonomi pada Rusia. "Baru-baru ini, berita pembunuhan warga sipil tak berdosa di kota Bucha sangat mengkhawatirkan," kata Modi dalam bagian singkat dari pertemuan yang terbuka untuk wartawan. 

"Kami segera mengutuknya dan telah meminta penyelidikan independen."

Modi juga mengatakan dia telah menyarankan dalam percakapan baru-baru ini dengan Rusia bahwa Presiden Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengadakan pembicaraan langsung. Negara Asia Selatan telah mencoba untuk menyeimbangkan hubungannya dengan Rusia dan Barat tetapi tidak seperti negara anggota Quad lainnya (AS, Jepang, dan Australia), India tidak memberlakukan sanksi terhadap Rusia.

Biden baru-baru ini mengatakan bahwa hanya India di antara kelompok negara Quad yang agak goyah dalam bertindak melawan Rusia. Terpikat oleh potongan harga tajam menyusul sanksi Barat terhadap entitas Rusia, India telah membeli setidaknya 13 juta barel minyak mentah Rusia sejak invasi pada akhir Februari. Pembelian ini tercatat lebih banyak dibandingkan dengan sekitar 16 juta barel untuk keseluruhan tahun lalu.

Psaki tidak mengungkapkan apakah India telah membuat komitmen pada impor energi atau tidak. Namun ia mengatakan Washington siap membantu negara itu mendiversifikasi sumber energinya.

Psaki mengatakan, bagian dari tujuan AS sekarang adalah untuk membangun itu dan mendorong mereka untuk berbuat lebih banyak. Dan itulah mengapa penting untuk memiliki percakapan pemimpin ke pemimpin. Seorang pejabat AS menambahkan bahwa "kami belum meminta India untuk melakukan sesuatu yang khusus." Pejabat itu mengatakan India akan membuat penilaiannya sendiri setelah percakapan yang sangat jujur.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement