Senin 11 Apr 2022 14:00 WIB

Xavi Akui Para Penggawa Barcelona Alami Kelelahan

Barcelona masih tertinggal 12 poin dari Real Madrid.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Reaksi pelatih kepala Barcelona Xavi Hernandez.
Foto: AP/Michael Probst
Reaksi pelatih kepala Barcelona Xavi Hernandez.

REPUBLIKA.CO.ID, VALENCIA -- Barcelona lolos dari lubang jarum saat melawat ke markas Levante, Stadion Ciudad de Valencia, Senin (11/4) dini hari WIB. Ditahan imbang tuan rumah hingga memasuki masa injury time babak kedua, Barcelona akhirnya menutup laga dengan kemenangan, 3-2.

Gol kemenangan Blaugrana itu dicetak Luuk de Jong pada menit ke-92 usai memanfaatkan assist Jordi Alba. Gol penyerang asal Belanda itu sekaligus menyudahi perlawanan Levante. Di laga itu, Granotes, julukan Levante, memang sempat menyulitkan Blaugrana.

Baca Juga

Bahkan, Levante unggul terlebih dahulu pada menit ke-52 lewat eksekusi penalti Jose Morales. Ini bukan satu-satunya penalti yang diterima Levante. Pada menit ke-56, Levante mendapatkan tendangan penalti kedua. Namun, hadiah penalti itu berhasil digagalkan oleh kiper Barcelona, Andre Ter Stegen.

Tim tamu justru berbalik unggul pada pertengahan babak kedua. Hanya dalam rentang waktu kurang empat menit, Barcelona mencetak dua gol lewat torehan Pierre Emerick Aubameyang pada menit ke-59 dan Pedri pada menit ke-63. Kendati begitu, Levante kembali mendapatkan hadiah penalti dan berhasil menyamakan kedudukan.

Meski Barcelona meraih kemenanangan, pelatih Barca, Xavi Hernandez, mengakui, anak-anak asuhnya tidak tampil dalam performa terbaik di laga tersebut. Kondisi kelelahan pemain, tutur Xavi, menjadi salah satu penyebab penampilan kurang menyakinkan Barcelona di laga tersebut.

Blaugrana memang hanya memiliki waktu istirahat kurang dari empat hari dalam menatap laga. Pada Kamis (7/4) waktu setempat, Barcelona berhadapan dengan Eintracht Frankfurt. Laga leg pertama babak perempat final Liga Europa itu berakhir imbang, 1-1.

 

''Kami tidak menunjukan permainan terbaik kami. Hal itu benar-benar terlihat. Kami bangga dengan kerja keras yang dilakukan oleh para pemain. Saya rasa, kami mulai merasakan kondisi kelelahan usai tampil di laga pada Kamis, tengah pekan lalu,'' ujar Xavi seusai laga seperti dilansir Marca, Senin (11/4).

Tambahan tiga angka di laga ini pun membawa Barcelona bertahan di peringkat kedua klasemen sementara La Liga. Meski memiliki poin yang sama dengan Sevilla, Frenkie de Jong dan kawan-kawan berhak berada menempati peringkat kedua lantaran unggul jumlah selisih gol.

Barcelona masih tertinggal 12 poin dari Real Madrid, yang kokoh di puncak klasemen sementara dengan raihan 72 poin. Kendati telah tertinggal cukup jauh dalam raihan poin dengan Los Blancos, Xavi belum benar-benar menyerah soal peluang Blaugrana untuk bisa bersaing secara langsung dalam perebutan gelar juara La Liga.

''Kompetisi ini sangat sulit. Sangat sulit melihat Real Madrid kehilangan poin. Apabila mereka kehilangan poin dalam dua pekan mendatang, (maka Barcelona bisa memangkas jarak poin),'' tutur Xavi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement