Keutamaan Tadarus Alquran pada Bulan Ramadhan

Red: Ani Nursalikah

 Senin 11 Apr 2022 10:27 WIB

Umat muslim membaca Alquran (tadarus) di Masjid Pusdai, Kota Bandung, Jumat (8/4/2022). Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Pusdai menggelar Sholat Jumat pertama di bulan Ramadhan 1443 H dengan menerapkan protokol kesehatan serta pembatasan kapasitas jemaah masjid maksimal 75 persen. Keutamaan Tadarus Alquran di Bulan Ramadhan Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA Umat muslim membaca Alquran (tadarus) di Masjid Pusdai, Kota Bandung, Jumat (8/4/2022). Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Pusdai menggelar Sholat Jumat pertama di bulan Ramadhan 1443 H dengan menerapkan protokol kesehatan serta pembatasan kapasitas jemaah masjid maksimal 75 persen. Keutamaan Tadarus Alquran di Bulan Ramadhan

Kata tadarus berasal dari kata darasa (دَرَسَ) yang memiliki arti belajar.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Alfain Jalaluddin Ramadlan, Mahasiswa FEB Umla (Universitas Muhammadiyah Lamongan)

Ramadhan merupakan bulan yang paling mulia dan istimewa bagi umat Islam. Saat Ramadhan tiba, semua umat Muslim yang sudah baligh diwajibkan melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.

Baca Juga

Di bulan Ramadhan juga umat muslim berlomba-lomba menunaikan berbagai kebaikan, amalan, dan ibadah yang mendatangkan pahala. Karena amalan yang dilakukan di bulan Ramadhan memiliki keistimewaan tersendiri.

Perlu diketahui, setiap amalan yang dikerjakan di bulan Ramadhan akan mendapat pahala yang berlipat ganda dibandingkan dengan pahala di hari-hari lainnya. Satu di antara amalan yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pahala di bulan Ramadhan ialah membaca Alquran (Tadarus Alquran) .

Bulan Ramadhan adalah bulan Alquran, maka dari itu hendaknya seorang muslim memberikan perhatian dengan porsi yang lebih terhadap Alquran di bulan ini. Bagi orang Islam, membaca Alquran tentunya menjadi kegiatan yang tidak asing lagi bahkan seringkali dilakukan setiap harinya.

Alquran merupakan pedoman dan petunjuk bagi umat Islam. Sangat rugi sekali jika umat Islam sendiri tidak mau membaca dan mempelajarinya.

Membaca Alquran juga termasuk dalam ibadah paling utama di antara ibadah-ibadah yang lain. Hal ini sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh an-Nu‘man ibn Basyir.

Rasulullah SAW bersabda: “Sebaik-baiknya ibadah umatku adalah membaca Alquran.” (HR Baihaqi).

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...

Berita Lainnya

Play Podcast X