Inggris Peringkat Tiga Dengarkan Nasyid di Spotify Selama Ramadhan, Indonesia?

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah

 Rabu 06 Apr 2022 14:16 WIB

Layanan streaming musik Spotify. Inggris Peringkat Tiga Dengarkan Nasyid di Spotify Selama Ramadhan, Indonesia? Foto: EPA Layanan streaming musik Spotify. Inggris Peringkat Tiga Dengarkan Nasyid di Spotify Selama Ramadhan, Indonesia?

Inggris memiliki pendengar terbanyak untuk podcast M. Quraish Shihab.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Aplikasi streaming musik, Spotify mencatat, ada peningkatan 68 persen pendengar musik nasyid di seluruh dunia selama Ramadhan tahun lalu. Tren ini diperkirakan akan berlanjut tahun ini dan berdasarkan data pada Maret 2022, Inggris jadi negara teratas ketiga secara global untuk streaming nasyid di belakang Indonesia dan Malaysia.

Dilansir dari Asian Image, Selasa (5/4/2022), tahun lalu, musik dari artis Inggris, Harris J banyak diminati selama Ramadhan dengan hitsnya "Rasool Allah" dan "Salam Alaikum". Keduanya meningkat lebih dari 250 persen. 

Baca Juga

Penyanyi R&B Lebanon-Swedia Maher Zain adalah salah satu artis yang paling banyak diputar dengan lagu-lagu terkait Ramadhan April lalu. Lagunya Ramadhan, versi bahasa Inggris mengalami peningkatan lebih dari 1.000 persen bagi pendengar di Uni Emirat Arab, Mesir, dan Yordania selama Ramadhan tahun lalu. Musik ini juga mengalami peningkatan lebih dari 500 persen di Australia, Kanada, Jerman, Inggris, dan AS.

Lagu-lagu Zain dalam berbagai bahasa juga menarik bagi komunitas Muslim yang berbeda secara global, seperti "Assalamu Alayka" versi Arab dan "Neredesin" Turki dan beberapa negara berbahasa Arab.  

Sementara musik "You Came to Me" dari penyanyi Sami Yusuf berbahasa Inggris menjadi tren di AS dengan peningkatan 260 persen dalam jangka waktu yang sama. Komunitas Muslim di seluruh dunia membuat daftar putar musik nasyid dan spiritual favorit mereka yang dibuat oleh pengguna. Dengan kata-kata terkait Ramadhan seperti zikir (zikir), ilahi (ilahi), hati (hati) dan doa (permohonan) untuk dibagikan kepada teman dan keluarga menemani Ramadhan. 

photo
Musisi Maher Zain merilis lagu baru berjudul Antassalam. - (Dok Awakening Music)
 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X