Thursday, 13 Muharram 1444 / 11 August 2022

Ribuan Vaksin Covid-19 AstraZaneca di Bengkulu Kedaluwarsa

Selasa 05 Apr 2022 12:23 WIB

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih

Dinas Kesehatan Bengkulu menyebut ada ribuan vaksin Covid-19 Astrazeneca kedaluwarsa. Ilustrasi.

Dinas Kesehatan Bengkulu menyebut ada ribuan vaksin Covid-19 Astrazeneca kedaluwarsa. Ilustrasi.

Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Dinas Kesehatan Bengkulu menyebut ada ribuan vaksin Covid-19 Astrazeneca kedaluwarsa

REPUBLIKA.CO.ID, BENGKULU - Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu menyebut ada ribuan vaksin Covid-19 jenis AstraZaneca telah kedaluwarsa sehingga menggunakan jenis lainnya untuk kegiatan vaksinasi. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni mengatakan ada ribuan vaksin jenis AstraZaneca tapi untuk angka pastinya belum diketahui.

"Ribuan vaksin kedaluwarsa per 31 Maret yaitu AstraZaneca dan saya belum dapat angka pastinya tapi tidak terlalu banyak yaitu sekitar ribuan vaksin," kata Herwan di Bengkulu, Selasa (5/4/2022).

Baca Juga

Sebab sejak awal Maret pihaknya mengutamakan menggunakan vaksin yang segera memasuki masa kedaluwarsa. Selain itu, terkait vaksin Covid-19 jenis Covovax pihaknya mengalami hambatan dan kesulitan dalam mendistribusikannya. Menurut Herwan, vaksin jenis Covovax hanya dapat digunakan untuk dosis pertama dan kedua. Akan tetapi penggunaan vaksin untuk dosis pertama saat ini sulit mendapatkan sasaran.

Namun berdasarkan surat edaran dari Pemerintah Pusat, vaksin Covovax dapat diperpanjang hingga akhir April sehingga pihaknya masih ada waktu untuk memanfaatkannya. Diketahui, saat ini capaian vaksinasi di Provinsi Bengkulu untuk dosis pertama telah mencapai 91,24 persen, dosis kedua 71,02 persen, dan dosis ketiga 6,74 persen.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA