Resep Sago Milky Kurma, Takjil Praktis yang Bisa Disimpan Hingga Dua Hari

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda

Rabu 06 Apr 2022 16:00 WIB

Sago milky kurma, minuman segar berbahan kurma ini cocok untuk hidangan berbuka puasa. Foto: Dok Yomiena Kitchen Sago milky kurma, minuman segar berbahan kurma ini cocok untuk hidangan berbuka puasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Punya kurma di rumah? Bukan hanya bisa dinikmati langsung, kurma juga dapat dikreasikan menjadi minuman segar untuk takjil, seperti sago milky kurma.

Bagi Nina Agustina, pemilik Yomiena Kitchen, tak afdhal rasanya jika menjalani ibadah puasa tanpa kurma. Dia pun mencoba berkreasi Sago milky kurma untuk takjil berbuka puasa.

Baca Juga

Cita rasanya yang manis legit didapat dari kurma dan perpaduan gula aren dalam kuahnya. Tambahan susu full cream menambah sedikit gurih minuman sago milky kurma saat diteguk.

Paduan rasa yeng lengkap membuat sago milky kurma layak dicoba bikin untuk berbuka puasa. Tahun ini pertama kalinya Nina mencoba berjualan menu tersebut. Dia pun meyakini sesuatu berbau kurma laris saat Ramadhan.

"Kalau menu sago sendiri mungkin sudah banyak, hanya yang ada kurmanya masih jarang, jadi cari-cari ide untuk ditambahin apa," kata Nina.

Kurma sudah banyak menjadi bahan campuran untuk berbagai produk. Pada dasarnya, sago milky kurma, terbuat dari bahan sagu mutiara, jelly brown sugar, kurma, gula pasir dan gula aren, susu, dan es batu.

Menurut Nina, menu ini sebenarnya simpel dan mudah karena hanya perlu menyiapkan kuah dan isiannya. Sago milky kurma bisa tahan sekitar dua hari.

Nina menyebut, sago milky kurma lebih enak buatan rumahan dibandingkan membeli versi instan-nya. Ingin mencoba membuatnya?

"Menu ini sebenarnya gampang, jadi mudah dibuat kalau lagi buru-buru," ujar Nina yang menawarkan beragam menu dessert mulai dari Rp 20 ribu untuk ukuran 30 ml sampai Rp 75 ribu untuk satu liter.

Bahan-bahan yang diperlukan:

100 gram sagu mutiara

100 gram kurma

tiga sdm gula pasir

900 mililiter air

Terpopuler