Coba Cara Ini demi Meraih Lailatul Qadar

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah

Kamis 21 Apr 2022 00:35 WIB

Umat Muslim membaca Alquran saat beritikaf pada sepuluh malam terakhir Ramadhan. Coba Cara Ini demi Meraih Lailatul Qadar Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA Umat Muslim membaca Alquran saat beritikaf pada sepuluh malam terakhir Ramadhan. Coba Cara Ini demi Meraih Lailatul Qadar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap Muslim tentu mengharapkan bisa meraih keberkahan Lailatul Qadar di bulan suci Ramadhan tahun ini. Rasulullah Shalallahu Alaihi wa Salam telah memberikan tuntunan bagi umatnya tentang bagaimana caranya bisa meraih malam yang begitu mulia dibanding malam-malam lainnya.

Cara meraih Lailatul Qadar

Itikaf

Baca Juga

Banyak hadits meriwayatkan tentang kebiasaan Rasulullah SAW melakukan itikaf ketika Ramadhan. Salah satu di antaranya diriwayatkan Aisyah Radhiyallahu Anha:  

و حَدَّثَنَا سَهْلُ بْنُ عُثْمَانَ حَدَّثَنَا عُقْبَةُ بْنُ خَالِدٍ السَّكُونِيُّ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ الْقَاسِمِ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَعْتَكِفُ الْعَشْرَ الْأَوَاخِرَ مِنْ رَمَضَانَ

Dan telah menceritakan kepada kami Sahl bin Utsman telah menceritakan kepada kami Uqbah bin Khalid As Sakuni dari Ubaidullah bin Umar dari Abdurrahman bin Al Qasim dari bapaknya dari Aisyah radhiallahu'anha, ia berkata; Bahwasanya Rasulullah SAW melakukan itikaf pada sepuluh terakhir dari bulan Ramadan."  (Kitab Shahih Muslim).

Itikaf bisa dilakukan kapanpun. Seseorang hendaknya berniat terlebih dahulu untuk beritikaf dan keadaan suci. Adapun niat itikaf adalah sebagai berikut: 

نَوَيْتُ أَنْ أَعْتَكِفَ فِي هَذَا الْمَسْجِدِ مَا دُمْتُ فِيهِ

"Saya berniat itikaf di masjid ini selama saya berada di dalamnya,"