Jumat 01 Apr 2022 14:34 WIB

Merawat Gigi Penting untuk Kesehatan dan Estetika

TK BBI mengadakan acara Puncak Tema Profesi, menampilkan dokter gigi. 

drg Deden Azhar memeriksa kesehatan mulut dan gigi seorang siswa.
Foto: Dok SBBI
drg Deden Azhar memeriksa kesehatan mulut dan gigi seorang siswa.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Merawat gigi dan mulut  dengan baik tidak hanya penting untuk kesehatan, tapi juga punya nilai estetika. “Ada beberapa fungsi kesehatan gigi di antaranya untuk kesehatan itu sendiri dan fungsi estetika.  Dengan  gigi bersih dan rapi seseorang akan terlihat cantik/ganteng,” kata drg Deden Azhar.

Ia mengemukakan hal tersebut saat menjadi narasumber acara Puncak Tema Profesi yang diadakakan oleh TK Bosowa Bina Insani (BBI) Bogor, Kamis (31/3). Deden juga mengatakan  bahwa usia anak 4 tahun sudah boleh menggunakan pasta gigi orang  dewasa dan dibolehkan makan makanan yang mengandung gula,  seperti  permen, coklat, atau es krim. “Tetapi harus seimbang dengan perwatan giginya dengan cara rajin menggosok gigi,” ujarnya. dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Deden mengemukakan, untuk menjadi dokter tidaklah mudah.  “Oleh karena itu rajinlah belajar supaya tercapai apapun cita-cita kalian, tidak hanya dokter,” tuturnya di hadapan para siswa.

Acara Puncak Tema Profesi itu diadakan secara offline dan dihadiri oleh seluruh murid kelompok B terdiri dari B1 , B2, B3, B4, B5. Juga dihadiri oleh guru-guru  kelompok B. Adapun narasumber edukasi kesehatan gigi adalah drg Deden Azhar,  orang tua dari Battar,  kelompok B2.

PIC  Puncak Tema Profesi, Ira Oktaviani Syach SPd mengatakan, acara ini bertujuan untuk mengenalkan kepada anak tentang  profesi; mengenalkan kepada anak tentang  macam-macam profesi; dan mengenalkan kepada anak di mana  tempat pekerjaan profesi dokter.  

“Juga mengenalkan kepada anak-anak  bagaimana cara merawat gigi agar tetap sehat dan bersih. Hal itu mencakup: cara menggosok gigi, memilih pasta gigi yang benar sesuai dengan usia anak, dan menggosok gigi tidak terburu-buru,” kata Ira Oktaviani.

Selain itu, Ira menambahkan, acara Puncak Tema Profesi tu juga bertujuan mengenalkan kepada anak anak    siapa saja yang bekerja di rumah sakit, serta mengenalkan alat alat kedokteran yang asli.

Kegiatan ini diawali dengan pembacaan QS Al Insyirah oleh perwakilan siswa  kelas  B yaitu Jehsn, Nadhifa, Kelana, Athirah, Haura dan Haifa. Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Bosowa. Kemudian ice breaking,  lalu penyampaian tentang edukadi kesehatan gigi dan mulut oleh drg  Deden Azhar. Acara diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan  berupa piagam dan payung cantik dari sekolah. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement