Sunday, 4 Zulhijjah 1443 / 03 July 2022

Komunitas Muslim di Oldham Bersihkan Lingkungan Jelang Ramadhan

Rabu 30 Mar 2022 12:22 WIB

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko

Muslim Inggris

Muslim Inggris

Foto: AP
Komunitas Muslim di Oldham membersihkan lingkungan jelang Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID,  OLDHAM -- Sukarelawan dari Clarksfield Community Group, Masjid Bilal Jamia, penduduk setempat, anggota dewan Waterhead dan anggota parlemen Debbie Abrahams ambil bagian dalam pengambilan sampah, Sabtu (26/3/2022). Kegiatan ini merupakan bagian dari program 'Great British Spring Clean Up'.

Peralatan kebersihan untuk agenda tersebut disediakan oleh Big Local Oldham. Mereka yang ikut ambil bagian membersihkan lingkungan ini disebut setidaknya mempu mengumpulkan 15 kantong sampah.

Baca Juga

"Ini adalah hari yang menyenangkan dan hasil dari kegiatan ini positif," ujar salah satu penyelenggara dan anggota Kelompok Komunitas Clarksfield, Mohammed Wasim Iqbal, dikutip di The Oldham Times, Rabu (30/3/2022).

Iqbal mengatakan, tujuan utama dari kegiatan bersih-bersih itu adalah merapikan lingkungan, menyatukan orang-orang dan mengajari anak-anak pentingnya menjaga daerah sekitar dan menjadi warga negara yang bertanggung jawab.

"Sangat penting untuk menjadi panutan yang baik dan mengajar anak-anak. Kami memiliki kelompok inti dari orang-orang yang datang dan membantu dalam komunitas," lanjutnya.

Kelompok relawan lokal bergabung dengan beberapa anggota dewan dan MP untuk Oldham East dan Saddleworth, Abrahams.

Mereka yang ambil bagian dalam kegaitan ini berkumpul di Masjid Bilal Jamia pukul 11 pagi. Selama beberapa jam, mereka berjalan menyusuri jalan-jalan dan gang-gang untuk membersihkan sampah.

Kegiatan pembersihan lingkungan ini dilakukan sebelum dimulainya Ramadhan, yang diprediksi dimulai pada 2 April.

"Kami memiliki banyak Muslim yang tinggal di sekitar sini, jadi itu hanya bagian dari manfaat spiritual kami sendiri. Itu bagian dari keyakinan kami, memastikan daerah dan masyarakat bersih," lanjut Iqbal.

Seberapa sering kelompok membersihkan area tergantung pada cuaca dan seberapa buruk sampah yang dibuang. Tetapi, masyarakat sekitar mencoba untuk melakukannya sesering mungkin.

Iqbal lantas mengatakan ia sangat berterima kasih kepada masyarakat setempat yang telah berupaya dan mengikuti agenda tersebut. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA