Monday, 10 Muharram 1444 / 08 August 2022

Program Sehati Targetkan Pemberian 10 Juta Sertifikat Halal

Senin 28 Mar 2022 06:35 WIB

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Agung Sasongko

Menteri Agama, Ketua Komisi VIII DPR RI, Staf Khusus Presiden RI, serta wakil dari kementerian melakukan penandatanganan Komitmen Bersama Fasilitasi Program Sertifikasi Halal Melalui Skema Pernyataan Pelaku Usaha Mikro dan Kecil di Jakarta, Ahad (27/3/2022).

Menteri Agama, Ketua Komisi VIII DPR RI, Staf Khusus Presiden RI, serta wakil dari kementerian melakukan penandatanganan Komitmen Bersama Fasilitasi Program Sertifikasi Halal Melalui Skema Pernyataan Pelaku Usaha Mikro dan Kecil di Jakarta, Ahad (27/3/2022).

Foto: Dok. Istimewa
Program Sehati menargetkan pemberian 10 juta sertifikat halal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama (Kemenag) bersama Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan  peluncuran Program Sehati. Program itu diluncurkan dengan tujuan untuk memberikan 10 juta sertifikat halal kepada UMKM secara nasional.

"Target 10 juta bukan agenda seremonialistis, politis, dan lip service," ungkap Kepala BPJPH, Muhammad Aqil Irham, dalam siaran pers, Ahad (27/3/2022).

Baca Juga

Menurut dia, target tersebut merupakan tekad semangat dan komitmen untuk melakukan lompatan tinggi di luar pola capaian yang selama ini ada. Menurut dia, hal itu dilakukan agar Indonesia bisa memenangkan kompetisi di tingkat global dalam hal produk halal.

"Sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia Indonesia bisa memenangkan kompetisi di tingkat global dalam hal produk halal," jelas dia. Program itu juga merupakan langkah implementasi UU 33 Tahun 2014 yang sejak diresmikan mengalihkan tanggung jawab sertifikasi halal dari MUI kepada BPJPH.

Selain Kepala BPJPH, kegiatan yang diselenggarakan di Jakarta itu juga dihadiri oleh Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Coumas; Ketua Komisi VIII DPR RI, Yandri Susanto; dan Staf Khusus Presiden RI, Diaz Hendropriyono.

Pada kesempatan itu Menteri Agama mengapresiasi keberanian BPJPH dalam melaksanakan program sertifikasi halal. Yaqut juga menyampaikan terima kasih kepada setiap para pemangku kepentingan yang telah membantu BPJPH untuk turut mencapai target tersebut.

"Di dunia tidak ada yang tidak mungkin.Satu-satunya usaha kita untuk membuat ini mungkin sekali lagi adalah keberanian. Jangan khawatir soal hambatan, anggaran, bersama-sama kita bisa lakukan. Target 10 juta kita menurut saya lompatan yang luar biasa," kata Yaqut.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA