Advertisement

WNI Los Angeles Sambut Gembira Kehadiran Masjid At Thohir

Senin 28 Mar 2022 02:02 WIB

Rep: Irfan Junaidi / Red: Yogi Ardhi

Bangunan yang telah bediri sejak 1920 itu kini beralih fungsi menjadi masjid.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES --  Setelah melalui berbagai proses perombakan, bangunan kuno di pusat downtown Los Angeles kini berubah menjadi masjid megah. Masjid bernama At Thohir itu telah diresmikan Ahad (27/3/2022) pagi waktu setempat.

Hadir dalam peresmian tersebut pengusaha Muslim Indonesia, Garibaldi Thohir, Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat Roosan P Roslani, Konsul Jenderal Los Angeles, Saut Trisnawan, Ketua Indonesia Muslim Foundation, Dwirana Satyavat. Masyarakat Muslim Indonesia di Los Angeles juga ikut meramaikan acara tersebut.

Garibaldi Thohir, atau akrab disapa, Boy Thohir, mengungkapkan bahwa inspirasi kehadiran masjid tersebut diawali sekitar tahun 2015. "Kami sekeluarga memang sering berlibur ke Los Angeles. Ayah saya sering mengeluh kalau mau shalat Jumat," tuturnya dalam acara peresmian masjid tersebut. Ayah Boy, H Mochamad Thohir, kemudian berpulang pada 2016.

Kejadian itu mendorong Boy Thohir sekeluarga untuk bisa menghadirkan masjid di Los Angeles yang dimiliki warga Indonesia. Kemudian pencarian lokasi pun dijalankan. Kemudian proses tersebut berhasil mendapatkan tempat di kawasan downtown area Los Angeles. Bangunan tua yang sebelumnya milik komunitas gereja Samoa berhasil dibeli.

Baca juga : Masjid At Thohir Los Angeles Jadi Simbol Kedamaian Islam

Hasil donasi WNI dan Los Angeles dan support keluarga Thohir kemudian menjadikan bangunan yang telah didirikan sejak 1920 itu berubah menjadi masjid. Boy berharap kehadiran masjid tersebut menjadikan masyarakat Muslim Indonesia di Los Angeles bisa menjadi contoh penerapan Islam yang membawa damai.

"Masjid ini juga semoga bisa memakmurkan masyarakat Indonesia di Los Angeles ini," ujar Boy lebih lanjut. Dia juga mengungkapkan bahwa masjid ini juga menjadi tanda bakti keluarga Thohir kepada Almarhum Mochamad Thohir.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat, Roosan P Roslani dalam acara peresmian mengungkapkan syukur atas kehadiran Masjid At Thohir. Menurut dia, kehadiran masjid ini melengkapi jajaran masjid di Amerika yang dimiliki oleh WNI. "Ini adalah masjid keenam di Amerika yang dimiliki oleh WNI," kata Roosan.

Baca juga : In Picture: Erick Thohir Sambangi Tokoh Masyarakat Sumsel Abah Thoyib Akib

Dia berharap masyarakat Muslim Indonesia di Amerika bisa benar-benar menjadi teladan yang baik. Selain itu, menurut dia, keberadaan masjid ini juga bisa menjadi sarana untuk mempererat silaturrahim.

Masyarakat Muslim Indonesia di Los Angeles pun menyambut gembira kehadiran Masjid At Thohir. Ketua Indonesia Muslim Foundation, Dwirana Satyavat, mengungkapkan bahwa masjid tersebut menjadi pusat pertemuan dan krativitas masyarakat Muslim Indonesia di Los Angeles. N irf

Sumber : Republika
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA