Friday, 14 Muharram 1444 / 12 August 2022

Kemenag: KUA Unit Penting Wujudkan Moderasi Beragama

Ahad 27 Mar 2022 21:02 WIB

Red: Hiru Muhammad

Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama, Kamaruddin Amin membuka secara resmi Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Direktorat Bina KUA dan Keluarga Sakinah (KS) di Jakarta, Rabu (22/3/2022).

Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama, Kamaruddin Amin membuka secara resmi Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Direktorat Bina KUA dan Keluarga Sakinah (KS) di Jakarta, Rabu (22/3/2022).

Foto: istimewa
Sikap beragama yang moderat, bisa diterapkan dalam setiap layanan KUA

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama, Kamaruddin Amin membuka secara resmi Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Direktorat Bina KUA dan Keluarga Sakinah (KS) di Jakarta, Rabu (22/3/2022). Dalam arahannya, Dirjen menegaskan peran KUA dalam mewujudkan moderasi beragama yang merupakan program prioritas Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

"KUA harus menjadi salah satu instrumen, wasilah, dan sarana dalam menanamkan, mewujudkan, dan meningkatkan pemahaman serta sikap beragama yang moderat pada masyarakat," ungkap Dirjen.

Baca Juga

Sikap beragama yang moderat, bisa diterapkan dalam setiap layanan KUA dan keterlibatan petugas KUA saat berinteraksi dengan masyarakat. Dalam setiap layanan, lanjut Dirjen, petugas KUA diharapkan menyampaikan pemahaman moderasi beragama.

"Moderasi beragama adalah salah satu instrumen perekat sosial. Agama jangan sampai menjadi pemecah belah. Jangan sampai pemahaman agama kita memecah secara internal dan eksternal," terangnya.

"Agama adalah perekat, menyejukkan, damai, tenteram, membahagiakan, saling cinta, saling hormat, saling sayang, hidup tenang, dan baik dalam berbangsa," tambah Guru Besar UIN Alauddin Makassar ini.

Selain moderasi beragama, Dirjen juga menegaskan pentingnya Revitalisasi KUA yang menjadi program prioritas Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Menurutnya, ujung dari Revitalisasi KUA adalah transformasi mendasar dan menyeluruh."KUA harus melakukan transformasi. KUA harus melakukan sejumlah perubahan fundamental, bukan perubahan parsial. Revitalisasi KUA is a big deal, sebuah narasi dan program besar Kemenag. Revitalisasi KUA ujungnya adalah transformasi," kata Dirjen.

Hadir dalam kegiatan ini, Direktur Bina KUA dan KS, M. Adib, pejabat eselon III dan IV serta ratusan peserta yang berasal dari 34 provinsi. Kegiatan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA