Tuesday, 6 Zulhijjah 1443 / 05 July 2022

Kumandang Adzan Antarkan Tio Nugroho Memeluk Islam

Rabu 23 Mar 2022 16:30 WIB

Red: Karta Raharja Ucu

Presenter olahraga Tio Nugroho memutuskan memeluk Islam usai mendengarkan adzan.

Presenter olahraga Tio Nugroho memutuskan memeluk Islam usai mendengarkan adzan.

Foto: Instagram
Presenter Tio Nugroho mengaku seperti tersetrum ketika mendengarkan adzan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hidayah bisa didapatkan siapa saja dan kapan saja. Termasuk bagaimana caranya hidayah Islam itu menghampiri seorang hamba. Seperti yang terjadi pada presenter olahraga Tio Nugroho yang memutuskan memeluk Islam usai mendengarkan adzan.

Selama 42 tahun hidup dan mendengar azan lima kali sehari, ia mengaku biasa saja. Tetapi, di hari saat memutuskan menjadi mualaf, Tio mengaku merasakan sebuah perbedaan.

"Ketika gue mendengar azan yang selama 42 tahun, itu gue sering dengar ya sehari lima kali tapi biasa aja. Tapi di hari itu, gue seperti kena kesetrum," ujar Tio Nugroho, seperti dikutip dari kanal YouTube Islam Trending TV, Selasa (22/3/2022).

Mantan atlet basket tersebut mengaku bingung mengapa bisa merinding saat mendengarkan adzan. Padahal ia bukan pemeluk agama Islam.

Namun menurut pemilik nama lengkap Immanuel Bagus Aditio Nugroho tersebut, situasi itu adalah sebuah panggilan. Karena itu, ia pun langsung pergi ke masjid untuk mengikuti panggilan adzan untuk sholat.

Namun, Tio mengaku bingung lantaran belum mengerti tata cara sholat. "Saya mau ke masjid, tapi saya bingung enggak bisa sholat," ucap dia.

Tak mau hidayah terputus, ia pun menceritakan kepada teman-teman dekatnya. KH Ma'ruf Amin adalah sosok yang yang membimbing prosesi masuk Islam Tio Nugroho. Dua kalimat syahadat diucapkan di kediaman KH Ma'ruf Amin di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, pada Sabtu 1 Juni 2019.

Pembacaan syahadat tersebut diakhiri dengan pemberian nama Muslim kepada Tio. Menurut Kiai Ma'ruf, Tio tidak perlu mengubah namanya secara keseluruhan. "Tinggal tambah saja Ahmad atau Muhammad di depan Bagus Aditio Nugroho. Tapi nama Immanuel jangan dipakai lagi," kata Kiai Ma'ruf.

Usai mengucapkan dua kalimat syahadat, ia pun sesegukan dan berkali-kali menyeka air matanya. Selepas menjadi Muslim, Tio pun menambakan nama Muhammad di depan namanya.

Ia mengaku bergetar ketika mendengar kumandang adzan sholat Subuh usai pulang kerja. "(Tahun) 2019 adalah masa lalu gue. (Tahun) 2019 ke sini adalah masa depan gue. Gue ngejar akhirat. Enggak pernah mau ketinggalan sholat," ucap dia.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA