Kamis 17 Mar 2022 09:04 WIB

BRI Hadirkan Fitur Transfer Internasional, Ini Jenis Mata Uang yang Bisa Dikirim

Setelah transfer internasional BRI akan hadirkan fitur traveling di BRImo

Rep: Novita Intan/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. T Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menghadirkan fitur transfer internasional dalam aplikasi mobile banking BRImo. Hal ini guna mendukung kelancaran arus transfer uang antarnegara, khususnya ke bank di luar negeri.
Foto: BRI
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. T Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menghadirkan fitur transfer internasional dalam aplikasi mobile banking BRImo. Hal ini guna mendukung kelancaran arus transfer uang antarnegara, khususnya ke bank di luar negeri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menghadirkan fitur transfer internasional dalam aplikasi mobile banking BRImo. Hal ini guna mendukung kelancaran arus transfer uang antarnegara, khususnya ke bank di luar negeri.

Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani mengatakan, fitur transfer internasional dapat digunakan nasabah, khususnya pengguna BRImo untuk mengirimkan dana dari tabungan rupiah yang langsung dikonversi menjadi mata uang asing (remitansi) sesuai yang diinginkan.

“Perseroan senantiasa mengedepankan customer experience dalam setiap layanan. BRI secara berkesinambungan berupaya untuk meningkatkan dan menambah fitur-fitur baru pada BRImo agar nasabah semakin mudah mengakses layanan yang optimal sesuai kebutuhannya,” ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (17/3/2022).

Seperti diketahui, Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Ketenagakerjaan mencatat jumlah volume remitansi lintas negara pada 2021 sebesar 2,74 miliar dolar AS, sementara transaksi remitansi melalui BRI pada tahun lalu juga meningkat signifikan 42 persen.

Menurut Handayani, peningkatan ini didukung kencangnya arus remitansi dari para pengusaha yang mengirimkan pembayaran kepada rekannya di luar negeri, serta banyaknya bisnis yang mempekerjakan karyawan secara jarak jauh. Adanya fitur transfer internasional BRImo, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan nasabah bertransaksi demi memperlancar arus transfer uang di Indonesia, sehingga pada akhirnya akan mendorong pertumbuhan ekonomi Tanah Air.

Saat ini, fitur tersebut hadir dalam jenis mata uang yang dapat dikirimkan diantaranya USD (Dolar AS), SGD (Dolar Singapura), THB (Baht), HKD (Dolar Hong Kong), AUD (Dolar Australia), EUR (Euro), GBP (Pound Sterling), dan ratusan negara lainnya seluruh dunia.

Pada tahapan untuk melakukan transaksi kirim uang ke luar negeri, kata dia, yakni nasabah cukup masuk ke aplikasi BRImo dan memilih fitur transfer internasional, pilih negara tujuan, masukkan nominal transfer yang otomatis akan terkonversi dalam mata uang tujuan, masukkan detail informasi penerima dan pengirim, masukkan PIN, dan transaksi selesai.

BRI mencatat pada Februari 2022, sudah terdapat 15,39 juta pengguna BRImo dengan posisi transaksi sebanyak 225,1 juta transaksi dan sales volume mencapai lebih dari Rp 338,99 triliun.

Ke depan untuk membantu nasabah memenuhi kebutuhan domestik maupun internasional, BRImo akan bekerja sama dengan Traveloka menghadirkan fitur traveling, seperti pembelian berbagai tiket pesawat, bus, kereta, hotel, dan lainnya, yang menjanjikan memenuhi kebutuhan akomodasi nasabah tanpa mengganti aplikasi.

Handayani berharap fitur transfer internasional hingga fitur pembelian tiket dapat memberikan kemudahan bagi seluruh nasabah, serta bisa menghidupkan kembali perekonomian Indonesia di bidang transportasi dan wisata.

“Dengan tambahan berbagai promo menarik seperti diskon atau cashback, BRImo diyakini semakin meningkatkan jangkauan yang lebih dalam bagi nasabah,” ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement