Saturday, 22 Muharram 1444 / 20 August 2022

Peran Pesantren Vital ,Bupati: Kita Berbagi Tugas dengan Pesantren

Rabu 16 Mar 2022 20:32 WIB

Red: Hiru Muhammad

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menegaskan peran pesantren yang cukup vital dalam memberikan pendidikan karakter dan akhlak kepada masyarakat. Apalagi di tengah era digitalisasi, pendidikan akhlak menjadi pondasi agar generasi Bangsa tidak terjerumus pada keburukan.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menegaskan peran pesantren yang cukup vital dalam memberikan pendidikan karakter dan akhlak kepada masyarakat. Apalagi di tengah era digitalisasi, pendidikan akhlak menjadi pondasi agar generasi Bangsa tidak terjerumus pada keburukan.

Foto: istimewa
Pemkab Serang butuh sinergi dari para pimpinan pondok pesantren

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG--Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menegaskan peran pesantren yang cukup vital dalam memberikan pendidikan karakter dan akhlak kepada masyarakat. Apalagi di tengah era digitalisasi, pendidikan akhlak menjadi pondasi agar generasi Bangsa tidak terjerumus pada keburukan. 

Hal tersebut ditegaskan Tatu saat memberikan sambutan pada Pengukuhan Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) Kabupaten Serang di Tennis Indoor Pemkab Serang, Rabu (16/3/2022). “Posisi pendidikan pondok pesantren sangat strategis, karena dengan era globalisasi dan semua gadget di tangan anak-anak, semua informasi bisa masuk. Kalau tidak dibekali dengan akidah dan agama yang baik, maka ini membahayakan bagi masa depan mereka,” ujarnya. 

Baca Juga

Menurut Tatu, Pemkab Serang butuh sinergi dari para pimpinan pondok pesantren, dan menyelaraskan program pendidikan. Ia pun berkomitmen tidak membedakan pendidikan formal maupun pondok pesantren. “Para ulama dan ustad yang memiliki pondok pesantren, memiliki peranan penting dalam bidang pendidikan,” ujarnya. 

Ia pun meminta para pimpinan pondok pesantren membekali para santri dengan ilmu pengetahuan umum dan pemberdayaan ekonomi. “Bagaimana pun, para santri nanti akan berumah tangga, secara agama harus kuat dan ekonomi juga kuat. Dan pemberdayaan ekonomi harus masuk ke pondok pesantren,” ujarnya. 

Oleh karena itu, Tatu minta pimpinan pondok pesantren mengajukan program pemberdayaan ekonomi pesantren. Sejumlah program Pemkab Serang bisa diturunkan ke pondok pesantren. Mulai dari program perikanan, peternakan, pertanian, dan perkebunan. “Soal program ini, kita bisa duduk bersama,” ujarnya.

Sejak memimpin Pemkab Serang, Tatu berkomitmen membantu sarana prasarana pondok pesantren. Setiap tahun, dialokasikan program rehabilitasi pondok pesantren. “Dengan keterbatasan anggaran, ada 20 pondok pesantren yang dibantu rehabilitasinya setiap tahun. Bergantian dengan prioritas yang harus terbantu,” ujarnya. 

Ketua Presedium FSPP Kabupaten Serang Ustad Faturrahman mengatakan, secara pribadi Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah sangat membantu proses pembangunan Gedung FSPP Kabupaten Serang. Bahkan selalu memberikan solusi setiap masalah yang dihadapi oleh para pimpinan pondok pesantren. “Tahun ini pun, FSPP mendapatkan hibah dari Pemkab Serang,” katanya. 

Ia berkomitmen bersinergi baik dengan Pemkab Serang. Ia pun sepakat untuk mencerdaskan anak Bangsa diperlukan kerja sama antara Pemkab Serang dengan kalangan pondok pesantren. “Tugas mencerdaskan anak bangsa, bukan hanya tugas aparatur sipil negara, tetapi oleh kita semua, termasuk para pimpinan pondok pesantren. Kita akan terus jalankan pengajian rutin, dan pengajian-pengajian di tingkat kecamatan serta desa juga berjalan,” ujarnya.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA