Friday, 4 Rabiul Awwal 1444 / 30 September 2022

IPB Jadi PTN BH Terbaik Kategori Nilai Kinerja Anggaran Versi Kemendikbud Ristek

Rabu 16 Mar 2022 19:51 WIB

Red: Irwan Kelana

IPB University meraih penghargaan kategori Nilai Kinerja Anggaran Terbaik Tahun 2021 untuk Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH).

IPB University meraih penghargaan kategori Nilai Kinerja Anggaran Terbaik Tahun 2021 untuk Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH).

Foto: Dok IPB University
Nadiem: Ini adalah capaian yang perlu disyukuri dan dijadikan pengingat.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- IPB University kembali mengukir prestasi dengan meraih penghargaan dalam kategori Nilai Kinerja Anggaran Terbaik Tahun 2021 untuk Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH). Penghargaan ini diberikan dalam acara Penganugerahan Penghargaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) terkait Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Kinerja Anggaran pada tahun 2021, Selasa  (15/3).

Penghargaan di lingkungan Kemendikbud Ristek ini merupakan agenda tahunan sebagai upaya untuk menjadikan instansi pemerintah yang akuntabel.  Mendikbud Ristek, Nadiem Anwar Makarim menyampaikan apresiasi kepada para satuan unit dan penerima penghargaan atas kerja keras dan kerja cerdas dalam mempertahankan akuntabilitas dan efektivitas kerja sepanjang tahun 2021.

“Ini adalah capaian yang perlu disyukuri dan dijadikan pengingat untuk terus meningkatkan kualitas kinerja kita. Khususnya karena kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka pada tahun ini telah memasuki tahun ketiga, sehingga kita harus memaksimalkan upaya-upaya untuk mentransformasikan pendidikan kita,” kata Nadiem dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Menurutnya, hasil penilaian ini telah diukur berdasarkan hasil pelaksanaan evaluasi pada Agustus hingga Desember 2021. Penilaian tersebut diberikan oleh penilai berdasarkan komponen evaluasi atas implementasi SAKIP. Komponen ini terdiri atas perencanaan kinerja (30 persen), pengukuran kinerja (25 persen), pelaporan kinerja (15 persen), evaluasi kinerja (10 persen) dan pencapaian sasaran/kinerja organisasi (25 persen).

Pengumuman penerima penghargaan disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Kemendikbud Ristek, Suharti.  "Saya umumkan penerima penghargaan implementasi SAKIP terbaik pertama kategori PTN BH jatuh kepada IPB University,” ujarnya.

Dalam pencapaiannya, lanjutnya, IPB University meraih nilai 94,41 dengan predikat sangat baik. Disusul oleh Universitas Pendidikan Indonesia dengan nilai 91,33 (sangat baik) dan Universitas Indonesia dengan nilai 91,04 (sangat baik).

Prestasi membanggakan ini menunjukkan bahwa kinerja IPB University selalu memberikan yang terbaik. Terutama sebagai kampus berintegritas dan mendorong program dan kebijakan pemerintah.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA