Rabu 16 Mar 2022 05:42 WIB

Tuduhan Terhadap Utsman Bin Affan Memukul Ibnu Mas'ud Hingga Ususnya Robek

Utsman bin Affan dituduh memukul perut Ibnu Mas'ud hingga perutnya robek.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
Tuduhan Terhadap Utsman bin Affan Memukul Ibnu Mas'ud hingga Ususnya Robek. Foto: sahabat Nabi (Ilustrasi)
Foto: Dok Republika.co.id
Tuduhan Terhadap Utsman bin Affan Memukul Ibnu Mas'ud hingga Ususnya Robek. Foto: sahabat Nabi (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Selama pemerintahan Utsman bin Affan Radhiyallahu Anhu terdapat berbagai tuduhan yang dialamatkan kepadanya. Salah satunya tuduhan terhadap utsman yang memukul Ibnu Mas'ud hingga ususnya robek.

Dikutip dari buku Inilah Faktanya karya Dr Utsman bin Muhammad al-Khamis, Utsman bin Affan Radhiyallahu Anhu dituduh memukul Ibnu Mas'ud Radhiyallahu Anhu sampai perutnya luka parah dan usus-ususnya robek, serta memukul Ammar bin Yasir Radhiyallahu Anhu sampai tulang rusuknya patah.

Baca Juga

Termasuk kedustaan yang disandarkan kepada Utsman adalah dia pernah memukul Ibnu Mas‘ud hingga ususnya robek, dan dia juga pernah memukul ‘Ammar sampai tulang rusuknya pecah. Ini semua adalah kebohongan. 

Seandainya memang benar usus Ibnu Mas‘ud robek, niscaya ia tidak akan hidup. Yang benar, Utsman tidak pernah memutuskan usus Ibnu Mas‘ud dan tidak pernah pula memecahkan tulang rusuk ‘Ammar.

Di samping itu, tuduhan lain yang dialamatkan kepadanya yakni termasuk nepotisme. Siapa sajakah keluarga Utsman Radhiyallahu Anhu yang menjadi aparat pemerintahan? 

Anggota keluarga Utsman Radhiyallahu Anhu yang menjadi aparat pemerintahan adalah Muawiyah Radhiyallahu Anhu, Abdullah bin Sa'ad bin Abus Sarh Radhiyallahu Anhu, al-Walid bin Uqbah Radhiyallahu Anhu, Sa'id bin al-Ash Radhiyallahu Anhu, dan Abdullah bin Amir Radhiyallahu Anhu. Merekalah lima orang yang dijadikan gubernur oleh Utsman. Memang benar bahwa mereka adalah keluarganya. Dan, menurut para penuduh, hal itu merupakan suatu aib bagi Utsman. 

Jika dilihat sepintas, maka akan ditemukan bahwa jumlah gubernur dari keluarga Utsman jauh lebih sedikit dibanding selain keluarganya. Apalagi jika diketahui bahwa Nabi ﷺ mengangkat gubernur dari Bani Umayyah lebih banyak dibanding dengan yang lainnya. 

 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement