Thursday, 1 Zulhijjah 1443 / 30 June 2022

Meski Ada Tren Penurunan Indikator, Kemenkes: Indonesia Masih dalam Situasi Pandemi

Selasa 15 Mar 2022 17:47 WIB

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Reiny Dwinanda

Ilustrasi Covid-19. Kemenkes menyatakan, Indonesia masih dalam kondisi pandemi Covid-19, namun ada tren indikator pengendalian pandemi yang terus menunjukkan hal positif untuk mengarah ke endemi.

Ilustrasi Covid-19. Kemenkes menyatakan, Indonesia masih dalam kondisi pandemi Covid-19, namun ada tren indikator pengendalian pandemi yang terus menunjukkan hal positif untuk mengarah ke endemi.

Foto: Pixabay
Kemenkes sebut Indonesia sudah bersiap untuk membuat langkah menuju arah endemi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan, hingga kini Indonesia masih dalam situasi pandemi Covid-19. Namun, seiring adanya tren penurunan di beberapa aspek, Kementerian Kesehatan telah menyusun beberapa skenario transisi endemi.

"Indonesia masih dalam kondisi pandemi Covid-19, tapi dengan banyaknya tren indikator pengendalian pandemi yang terus menunjukkan hal positif, kita sudah mulai bersiap-siap kemudian membuat langkah-langkah untuk menuju ke arah endemi," ujar Nadia dalam konferensi pers secara daring, Selasa (14/3/2022).

Baca Juga

Nadia menjelaskan, dalam transisi menuju endemi terdapat beberapa tahapan yang harus dilewati. Salah satu cara pengendalian pandemi mencakup laju penularan yang harus berada di angka kurang dari 1, positivity rate harus berada di bawah lima persen, serta angka case fatality rate harus berada di bawah tiga persen.

"Kita tahu di saat ini masih cukup tinggi angka kasus harian konfirmasinya. Kemarin dilaporkan 9.000 (kasus baru), kematian masih 200, dengan keterisian perawatan rumah sakit yang juga masih sekitar 20 persen," ungkapnya.

Selain itu, reproduction number atau angka reproduksi yang merupakan rata-rata banyak orang yang terinfeksi akibat terpapar dari satu orang yang positif atau sakit, harus di bawah satu persen. Untuk saat ini, reproduction number Indonesia masih di atas satu persen.

"Ini menunjukkan laju penularan masih terjadi dan pandemi belum terkendali. Jadi ini transisi adalah suatu masa di mana periode kita dari pandemi menuju arah endemi," jelasnya.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA