Saturday, 3 Zulhijjah 1443 / 02 July 2022

Makanan yang Harus Dikonsumsi Saat Usia 30-an

Selasa 15 Mar 2022 12:15 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Qommarria Rostanti

Makanan yang harus dikonsumsi ketika berusia 30 ke atas, salah satunya kentang. (ilustrasi).

Makanan yang harus dikonsumsi ketika berusia 30 ke atas, salah satunya kentang. (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com.
Kentang mengandung potasium lebih banyak dibandingkan pisang.

REPUBLIKA.CO.ID., JAKARTA -- Usia 30 tahun tampaknya menjadi batas yang menandai perubahan besar dalam hidup. Meskipun usia hanyalah angka, usia 30 tahun adalah hal besar, terutama dalam hal membuat perubahan hidup.

Dilansir di laman News By Tes Appp Selasa (15/3/2022), Anda perlu memperhatikan apa yang Anda makan, berolahraga, dan memiliki gaya hidup sehat secara keseluruhan. Berikut adalah lima makanan yang dapat membantu Anda pada usia 30-an:

Baca Juga

1. Bluberi

Bluberi dikenal karena sifat antiinflamasi dan antioksidannya. Buah ini sebaiknya Anda masukkan dalam diet. Buah beri berwarna cerah ini dikemas dengan polifenol yang membantu mengurangi peradangan di tubuh. Mereka juga melawan radikal bebas dan menjaga kesehatan tulang, kulit, dan otot. Penghapusan radikal bebas akan mencegah penuaan dini.

2. Kentang

Begitu Anda menua, tingkat tekanan darah secara otomatis mulai meningkat yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Inilah sebabnya mengapa Anda perlu memasukkan sumber potasium ke dalam makanan Anda. 

Makanlah kentang tanpa rasa takut karena mengandung potasium, bahkan lebih banyak dibandingkan pisang. Menurut Database Nutrisi USDA, kandungan potasium dalam satu kentang lebih dari dua kali lipat dalam pisang.

3. Teh 

Dikemas dengan antioksidan dan sifat antiinflamasi, teh adalah minuman yang bagus untuk ditambahkan dalam diet setelah Anda berusia 30 tahun. Menurut berbagai penelitian, teh hitam meningkatkan kepadatan tulang pada wanita yang lebih tua, sementara konsumsi teh hijau telah dikaitkan dengan pengurangan risiko berbagai jenis kanker. Teh hijau juga melindungi terhadap oksidasi cair dan mencegah perkembangan penyakit kardiovaskular yang berbahaya.

4. Biji chia

Dikemas dengan asam lemak omega 3, biji chia adalah makanan yang baik untuk dimasukkan ke dalam diet Anda selama usia 30 an hingga usia lanjut. Biji ini juga dikemas dengan asam alfa-linolenat (ALA) dan beberapa serat yang bagus untuk kesehatan secara keseluruhan. Biji chia mencegah peradangan dan mencegah penyakit kardiovaskular. Mereka juga meningkatkan kesehatan otak, kemampuan kognitif dan fungsi seluler Anda.

5. Gandum

Setelah Anda berusia 30 tahun, cobalah menggesek roti putih pagi Anda dengan oatmeal sehat untuk sarapan yang penuh dengan serat larut. Oat membantu mengelola kadar glukosa darah dan kadar kolesterol Anda, sehingga melindungi Anda dari penyakit jantung berbahaya dan diabetes tipe 2.

Ini juga mempromosikan bakteri sehat di usus Anda. Oat kaya serat menjaga mikrobioma Anda tetap sehat yang membuat kulit bersih dan awet muda.

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA