Monday, 17 Muharram 1444 / 15 August 2022

14 Ponpes Muhammadiyah Jalin Kerja Sama dengan FAI UMP

Senin 14 Mar 2022 15:42 WIB

Rep: Idealisa masyrafina/ Red: Muhammad Hafil

14 Ponpes Muhammadiyah Jalin Kerja Sama dengan FAI UMP. Foto: Ilustrasi: Santri belajar di pesantren.

14 Ponpes Muhammadiyah Jalin Kerja Sama dengan FAI UMP. Foto: Ilustrasi: Santri belajar di pesantren.

Foto: Andolu Agency
FAI UMP bekerja sama dengan 14 pesantren Muhammadiyah.

REPUBLIKA.CO.ID,PURWOKERTO -- Sedikitnya 14 pondok pesantren Muhammadiyah yang tergabung dalam Persatuan Pontok Pesantren Muhammadiyah Ittihadul Ma’ahid Al Muhammadiyah (ITMAM) se Barlingmascakeb menjalin Kerjasama dengan Faklutas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Banyumas Jawa Tengah. 

Kerjasama berlangsung di Pondok Pesantren Muhammadiyah Boarding School (MBS) Wanayasa Banjarnegara, Sabtu-Ahad (5-6/3/2022).

Baca Juga

Hadir pada kegiatan itu Ketua Umum MUI Banjarnegara, KH Muhammad Fahmi Hisyam, S.Ag., Ketua LP2M Banjarnegara dan Ketua PDM Banjarnegara, Drs. H. Shobri sekaligus membuka kegiatan Rakor. 

Ketua ITMAM Barlingmascakeb, Ustadz Arif Fauzi, Lc., M.Pd., mengatakan, dalam rangkaian kegiatan Rakor, ada agenda beraudiensi antara ITMAM, FAI UMP dan Pontrenmu se Barlingmascakeb untuk sinergitas antara kampus dengan pesantren. 

"Kami menyepakati beberapa kerja sama di bidang pengabdian masyarakat, beasiswa pendidikan bagi asatidz dan santri pesantren, kemudian peningkatan layanan, pelatihan serta pendidikan," jelasnya, dalam rilis yang diterima Republika, Senin (14/3/22).

Lebih lanjut ia mengatakan, ITMAM telah memfasilitasi sedikitnya 14 ponpes untuk menyelenggarakan kerja sama dengan FAI UMP. “Karena ini sangat penting untuk menambah kepercayaan masyarakat dan kaum muslimin, terlebih persyarikatan Muhammadiyah,” katanya. 

Sementara itu Kaprodi Magister PAI, Dr. Darojat, M.Ag mengatakan, semoga pertemuan ini membawa kebaikan dan keberkahan.

“Menuju Pondok Pesantren MBS Wanayasa sungguh sangat menyenangkan. Dilanjutkan dengan penandatanganan MoU Fakultas Agama Islam dengan ITMAM  dan 14 Pondok Pesantren,” jelasnya. 

Dalam kesempatan penandatangan MoU itu, hadir Dekan FAI UMP Dr. Makhful, M.Ag., dan Kaprodi Magister PAI, Dr. Darojat, M.Ag. kaprodi Hukum Ekonomi Syariah, Safitri Mukarromah, M.Sy. Dalam kesempatan itu juga ada penandatangan MoU kerja sama antara ITMAM dengan pihak FAI. 

Kegiatan Rakor ITMAM dihadiri para pimpinan/ perwakilan pengurus dari 30-an Pontrenmu dan MBS se Barlingmascakeb. Atas nama ITMAM, Ustadz Arif memberikan motivasi kepada sesama pengurus ponpes muhammadiyah Barlingmascakeb agar benar-benar menata managerial, menata SDM dan menata program serta upaya meningkatkan mutu layanan dan pendidikan. 

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA