Wednesday, 19 Muharram 1444 / 17 August 2022

Olahraga Yoga akan Masuk Kurikulum Sekolah Arab Saudi

Senin 14 Mar 2022 13:00 WIB

Rep: Ratna ajeng tejomukti/ Red: Muhammad Hafil

Olahraga Yoga akan Masuk Kurikulum Sekolah Saudi. Foto: Yoga. Ilustrasi

Olahraga Yoga akan Masuk Kurikulum Sekolah Saudi. Foto: Yoga. Ilustrasi

Foto: baltyra.com
Sekolah Arab Saudi akan diisi dengan kurikulum olahraga Yoga.

REPUBLIKA.CO.ID,JEDDAH -- Presiden Komite Yoga Saudi, Nouf Al-Marwaai, mengatakan yoga akan segera diperkenalkan ke sekolah-sekolah di Saudi sebagai salah satu cabang olahraga.

Melansir laman arabnews.com, Al-Marwaai mengatakan mereka bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan untuk memperkenalkan yoga ke semua sekolah sebagai bagian dari kurikulum karena banyak manfaat kesehatannya.

Baca Juga

Awal pekan ini, (9/3), ada kuliah pengantar yang menyoroti kerja sama antara SYC dan Federasi Olahraga Sekolah Saudi dan berencaba untuk kolaborasi nasional untuk masa depan yoga di sekolah. Kementerian Perdagangan pun menyetujui pengajaran dan praktik yoga sebagai olahraga di Saudi  sejak November 2017.

Kuliah pengantar  ini dihadiri oleh kepala sekolah dan guru penjasorkes dari semua jenjang pendidikan, dengan tujuan menggalang strategi dari Kemendikbud dan SYC.

Al-Marwaai juga mengatakan dalam sebuah wawancara dengan Asharq Al-Awsat bahwa yoga berkembang di Saudi karena pentingnya bagi kesehatan mental dan fisik. Al-Marwaai mengatakan ada banyak rencana untuk memperluas cakupan dan tujuan SYC, dan ada banyak area yang perlu dicakup untuk memungkinkan penerapan yoga di sekolah dalam skala besar.

Dia dianggap sebagai wanita Saudi pertama yang mengajar yoga dan telah menjadi pendorong dalam mendapatkan persetujuan Kementerian Pendidikan dan mendorong yoga sebagai olahraga. Yayasan Yoga Arab didirikan dan didirikan pada tahun 2006 oleh Al-Marwaai, yogacharya Saudi pertama (instruktur yoga bersertifikat).

Itu diakui oleh Aliansi Yoga dan Federasi Yoga Internasional pada tahun 2009. AYF mendidik orang dan masyarakat tentang manfaat kesehatan yoga, mempromosikannya melalui kursus, seminar, dan konferensi.

Hal ini juga membahas aspirasi untuk meningkatkan tingkat partisipasi olahraga siswa di tingkat lokal dan internasional, serta memajukan kesehatan anak muda Saudi.

“Ketika saya mulai mendalami yoga, saya tidak pernah berhenti menemukan manfaatnya yang luar biasa karena ini adalah olahraga yang utuh dan transformatif yang memimpinnya. Sehingga pikiran lebih tenang dan jernih serta fisik yang lebih kuat dan lebih sehat. 

Sistem sekolah kami di Saudi selalu memastikan bahwa semua kegiatannya bertujuan untuk berkontribusi pada perkembangan siswa, baik dari aspek fisik maupun akademik, dan saya percaya bahwa memperkenalkan yoga ke sistem pendidikan Saudi adalah langkah yang efektif,"ujar Instruktur yoga bersertifikat dan pendiri Ananda Yoga Studio, Khalid Jama'an Al-Zahrani

Al-Zahrani mengatakan bahwa yoga di sekolah akan menjadi investasi karena akan mengarah pada lebih banyak reformasi pendidikan yang akan bermanfaat bagi anak-anak, keluarga mereka dan masyarakat secara keseluruhan.

“Kita hidup di era teknologi di mana semua orang menggunakan ponsel, tablet, perangkat mereka, teralihkan dari masa kini, yang berdampak negatif pada konsentrasi kita. Jadi, kita perlu melatih anak-anak kita dan diri kita sendiri untuk merenungkan apa yang ada di dalamnya, dan berlatih yoga untuk mendapatkan disiplin dan memelihara pikiran dengan apa yang penting,"ujar dia.

Awal tahun ini, pada bulan Januari, lebih dari seribu orang dari seluruh Arab Saudi mendatangi festival yoga pertama di negara itu. Festival tersebut diadakan di Juman Park, King Abdullah Economic City.

Sumber:

https://www.arabnews.com/node/2041841/saudi-arabia

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA