Senin 14 Mar 2022 08:01 WIB

Acara PKKMB UNM Hadir dengan Virtual Stage & Green Screen yang Bikin Megah

UNM melangsungkan PKKMB periode Maret 2022 secara live streaming

UNM melangsungkan PKKMB periode Maret 2022 secara live streaming.
Foto: UNM
UNM melangsungkan PKKMB periode Maret 2022 secara live streaming.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pandemi Covid-19 membuat beberapa acara yang melibatkan banyak orang terpaksa untuk tidak terselenggara dalam sementara waktu demi ikhtiar mengurangi tingkat penyebaran corona. Kini acara yang dilakukan secara live streaming, menjadi solusi terbaik untuk permasalahan ini. Hal tersebut juga menjadi salah satu alasan Universitas Nusa Mandiri (UNM) melangsungkan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) periode Maret 2022.

Live streaming tersebut memungkinkan untuk tetap mengadakan acara dengan melibatkan banyak orang. Dalam hal ini, pada kegiatan Seminar Inspirasi (Serasi), sebagai salah satu rangkaian PKKMB yang dilaksanakan secara live streaming oleh Universitas Nusa Mandiri (UNM).

Baca Juga

Dalam kegiatan yang berlangsung pada Sabtu (12/3/2022) ini, Wakil Rektor II Bidang Non-Akademik UNM Arif Hidayat menyampaikan tahun ini untuk ketiga kalinya Serasi terselenggara di tengah pandemi Covid-19. “Banyak hal yang telah disiapkan dalam pelaksanaan Serasi ini, mulai dari kesiapan fisik, sarana dan prasarana, SDM yang terlibat, hingga pemateri yang menginspirasi dan komunikatif, serta teknologi multimedia yang berkualitas,” tutur Arif, Sabtu (12/3/2022).

Arif mengatakan tim Marcom (Marketing and Communication) UNM dan kepanitiaan Serasi UNM bahu-membahu mengeluarkan inovasi dan kreativitasnya sehingga pelaksanaan yang biasa berkumpul, tetap terasa ada. Namun, secara fisik atau jasmani berada di beberapa kampus.

“Upaya yang kami lakukan yaitu melakukan live streaming di beberapa platform yaitu di Youtube, Instagram, dan Tiktok,” ujarnya.

Selain itu, konsep yang digunakan adalah virtual stage. Tayangan yang ditampilkan seolah-olah berada dalam stage yang besar dan dapat berkomunikasi dengan para pembicara. “Virtual stage dan green screen yang dipakai pada Serasi ini merupakan bagian dari pemanfaatan teknologi multimedia. Hal ini untuk menyajikan tampilan gambar yang menarik, sesuai dengan yang diinginkan pada layar mahasiswa baru UNM,” jelas Arif.

Menurutnya, tantangan yang dihadapi yakni menjaga kualitas kegiatan Serasi yang bertujuan memberi inspirasi dan memberikan tampilan yang bisa sesuai dengan gaya dan selera generasi mandiri atau mahasiswa baru UNM. “Kami berharap, maba UNM terinspirasi menjadi pribadi yang berkualitas, berinovasi, mampu menguasai dan memanfaatkan teknologi informasi yang semakin berkembang pesat,” tandasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement