Ahad 13 Mar 2022 18:57 WIB

Popda Bagian dari Pendidikan bagi Pelajar

Popda dijadikan wahana memperoleh pengetahuan, keterampilan, kesehatan, kepribadian.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Muhammad Fakhruddin
Popda Bagian dari Pendidikan bagi Pelajar (ilustrasi).
Foto: Irfan Risyadien
Popda Bagian dari Pendidikan bagi Pelajar (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SLEMAN -- Bupati Sleman, Kustini Purnomo, melepas atlet dan pelatih dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) 2022. Pelepasan dilakukan simbolis dengan pemakaian jaket Popda 2022 dilanjutkan dengan penyerahan pataka Pemkab Sleman.

Kustini meminta seluruh elemen yang mengikuti Popda 2022 dari Kabupaten Sleman untuk menunjukan kemampuan diri dan berjuang untuk meraih kemenangan. Tapi, ia menekankan, harus dengan tetap menjunjung tinggi kejujuran dan sportifitas.

Baca Juga

"Popda merupakan bagian dari pendidikan. Maka itu, saya berharap Popda dijadikan wahana memperoleh pengetahuan, keterampilan, kesehatan, kepribadian, sekaligus mengembangkan minat dan bakat di bidang olahraga," kata Kustini, Jumat (11/3/2022).

Popda, lanjut Kustini, harus menjadi poin awal dari pembibitan dan pembinaan olahraga yang harus dilaksanakan dengan konsisten. Melalui Popda, ia berharap, akan terjaring bibit-bibit potensial atlet pelajar dari Sleman yang berbakat.

"Nantinya, akan dibina lebih lanjut agar dapat berprestasi lebih baik lagi," ujar Kustini.

Sleman sendiri sedang terus mematangkan persiapan sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Daerah (Porda) dan Pekan Paralimpik Daerah (Peparda) DIY. Rencananya, jika tanpa kendala dua agenda itu diselenggarakan 1-9 September 2022 mendatang.

Nantinya, akan ada 45 cabor yang akan dipertandingkan dalam Porda dan 11 cabor yang dipertandingkan di Peparda. Sebagian besar cabor akan diadakan di Kabupaten Sleman, dan hanya beberapa cabor yang memang harus dilangsungkan di luar Sleman.

Baik Porda, Peparda maupun Popda, atlet-atlet Sleman memang cukup berprestasi karena kerap membawa pulang raihan terbaik. Karenanya, pada pelaksanaan tahun ini, atlet-atlet asal Sleman kembali didukung untuk mampu membawa pulang emas.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Sleman, Agung Armawanta menuturkan, dalam Popda 2022 ini ada 386 atlet asal Sleman yang akan berlaga dalam 29 cabang olahraga. Sedangkan, pelatih serta official ada 95 orang.

"Popda 2022 akan digelar mulai 14-18 Maret 2022," kata Agung.

Agenda pelepasan tersebut diikuti perwakilan atlet 130 orang beserta orang tua atlet. Pada kesempatan itu, turut hadir Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, Wakil Ketua DPRD Sleman, Sukaptono dan pejabat-pejabat di lingkup Pemkab Sleman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement