Ahad 13 Mar 2022 07:30 WIB

Barista Wanita Mulai Meramaikan Kafe di Arab Saudi

Barista Wanita Mulai Meramaikan Kafe-Kafe di Saudi Arab.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
Barista Wanita Mulai Meramaikan Kafe-Kafe di Arab Saudi
Foto: Arab News
Barista Wanita Mulai Meramaikan Kafe-Kafe di Arab Saudi

IHRAM.CO.ID,RIYADH — Menjadi seorang Barista wanita di Arab Saudi masih menjadi hal yang tabu bagi sebagian orang. Karena sebelumnya, hanya laki-laki yang diizinkan menyandang pekerjaan itu.

Tapi kini, barista wanita sudah mulai ditemukan di kafe-kafe di sebagian besar kota besar di Kerajaan. Mereka mengaku sangat kenikmati perannya sebagai barista karena mendapatkan dukungan luas dari orang-orang yang berhubungan dengan mereka di tempat kerja.

Baca Juga

Taibah Ibrahim Al-Ruhaili (20) adalah salah satu barista wanita yang bergabung dengan kafe Joffrey di Jeddah 15 bulan lalu setelah melamar pekerjaan barista di banyak kedai kopi. Ia mengaku, mimpinya sejak lama adalah menjadi barista karena kecintaannya pada kopi.

“Saya penggemar kopi, dan saya ingin belajar lebih banyak tentang rahasia membuat kopi yang baik,” katanya dilansir dari Arab News, Ahad (13/3).

 

Tantangan terbesar yang dia hadapi adalah tekanan kerja dan koneksi pelanggan. Namun, dia mengaku berhasil mengatasi semua kendala tersebut seraya mengingat hari pertamanya ketika menjadi barista.

“Anggota tim yang bekerja dengan saya sangat kooperatif dan saya dengan cepat mempelajari keterampilan yang dibutuhkan barista dalam pekerjaan mereka. Ini membuat saya datang setiap hari dengan lebih banyak semangat dan kesiapan untuk mempelajari sesuatu yang baru,” kenangnya.

Al-Ruhaili mengatakan bahwa dia belajar bagaimana memuaskan pelanggannya melalui secangkir kopi yang pas. Selama bekerja dan mempelajari cara menyeduh kopi, ia juga belajar disiplin diri dan komitmen. 

“Saya juga belajar betapa pentingnya prestasi kerja. Sebenarnya, saya telah belajar banyak hal yang sebelumnya tidak saya sadari,” ungkapnya.

Sorang barista dari Provinsi Timur, Entasar Hubail bergabung dengan Starbucks pada 2019 dan sejak itu dipromosikan dari barista menjadi supervisor shift dan sekarang menjadi asisten manajer toko.

Hubail mengatakan bahwa dia menyukai kopi dan telah menjadi sukarelawan dalam pameran kopi dan bahkan membelikan mesin kopi untuk saudara laki-lakinya, meskipun dialah yang akhirnya menggunakannya.

“Saya masih ingat ketika saya membeli kantong biji kopi pertama saya dari Starbucks dan membuat kopi darinya. Saya mendaftar di kursus roasting kopi dan belajar teknik baru,” katanya.

Dia juga seorang pembuat cokelat dan menyukai pembuatan kue. Saatnya tiba ketika dia harus memutuskan apakah akan melanjutkan kursus memasak atau bergabung dengan perusahaan kopi, ia memilih yang terakhir dan berakhir di Starbucks.

Berbicara tentang apa yang membuatnya tertarik pada pekerjaan ini, dia mengatakan bahwa ketika dia melamar, dia terkejut telah diterima untuk pekerjaan itu, yang menurutnya menunjukkan fokus perusahaan untuk mempromosikan keragaman gender dan menarik bakat lokal.

Ketika dia mulai, Hubail memiliki perasaan campur aduk antara terkejut, bahagia dan takut. “Saya takut karena saya adalah orang yang sangat pemalu dan tiba-tiba saya harus berurusan dengan kolega dan pelanggan. Sebenarnya saya ingin mengambil kesempatan kerja ini untuk mengatasi hambatan saya dan fokus untuk lebih memahami industri kopi dan membangun masa depan di perusahaan besar ini,” ungkapnya.

Seperti Al-Ruhaili, tantangan terbesar Hubail adalah berurusan dengan pelanggan, ini adalah pertama kalinya dia berkomunikasi dengan orang asing. Dia mengatakan bahwa dengan waktu dan latihan dia mampu mengatasi ketakutannya.

“Hari pertama saya pergi bekerja adalah pengalaman yang benar-benar menakutkan. Itu seperti hari pertamaku di sekolah. Saya bahkan ingin ibu dan saudara perempuan saya ikut bekerja dengan saya. Syukurlah, saya bisa mengatasi ketakutan saya,” katanya.

Mahasiswa lulusan universitas studi Islam yang juga seorang pecinta kopi, Faten Bahussein, memutuskan bekerja di kafe Chocochino. Ia sudah 4 tahun bekerja sebagai barista.

“Saya memiliki mesin pembuat kopi tua, dan saya berlatih membuat kopi selama jam malam. Ini telah membantu saya menjadi ahli dalam hal itu, dan itu tercermin secara positif pada karir saya saat ini,” kata Bahussein.

Selama bekerja sebagai barista, Bahussein mengaku telah memperhatikan bagaimana orang-orang terlihat jauh lebih bahagia ketika mereka melihat seorang gadis Saudi bekerja di sebuah restoran.

“Ini tidak diterima di masa lalu, tetapi seiring waktu orang menjadi lebih beradab, dan sudah menjadi hal biasa melihat perempuan bekerja di mana-mana. Beberapa pelanggan pria saya dengan bangga memperkenalkan keluarga mereka kepada saya. Keluarga-keluarga ini sekarang menjadi pelanggan tetap saya,” ungkapnya.

Sumber:

https://www.arabnews.com/node/2041311/saudi-arabia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement