Jumat 11 Mar 2022 13:23 WIB

Sempat Diragukan, Kasus Deltacron Benar Ada, Tetapi Sedikit

Kasus gabungan virus Omicron dan Delta atau 'Deltacron' ditemukan di AS dan Eropa.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Kasus gabungan virus Omicron dan Delta atau 'Deltacron' ditemukan di AS dan Eropa.
Foto: www.pixabay.com
Kasus gabungan virus Omicron dan Delta atau 'Deltacron' ditemukan di AS dan Eropa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Versi virus corona yang menggabungkan gen dari varian Delta dan Omicro dijuluki Deltacron, teridentifikasi pada setidaknya 17 pasien di Amerika Serikat dan Eropa. Karena hanya ada sedikit kasus yang dikonfirmasi, peneliti dari IHU Mediterranee Infection di Marseille, Prancis, Philippe Colson mengatakan, terlalu dini untuk mengetahui apakah infeksi Deltacron akan sangat menular atau menyebabkan penyakit parah.

Penulis utama laporan yang diunggah di medRxiv mengatakan timnya menggambarkan tiga pasien di Prancis yang terinfeksi dengan versi SARS-CoV-2 yang menggabungkan protein lonjakan dari varian Omicron dengan "tubuh" varian Delta. Dua infeksi Deltacron lain yang tidak terkait telah diidentifikasi di Amerika Serikat, menurut laporan yang tidak dipublikasikan oleh perusahaan riset genetika Helix yang telah diserahkan ke medRxiv.

Baca Juga

Di papan buletin penelitian virus, tim lain telah melaporkan 12 infeksi Deltacron tambahan di Eropa sejak Januari, semuanya dengan lonjakan Omicron dan badan Delta. Rekombinasi genetik dari virus corona manusia telah diketahui terjadi ketika dua varian menginfeksi sel inang yang sama.

"Selama pandemi SARS-CoV-2, dua varian atau lebih telah beredar bersama selama periode waktu yang sama dan di wilayah geografis yang sama. Ini menciptakan peluang untuk rekombinasi antara dua varian ini," kata Colson dilansir Khaleej Times, Jumat (11/3/2022).

Dia mengatakan, timnya telah merancang tes PCR yang dapat dengan cepat menguji sampel positif untuk keberadaan virus ini.   Kemudian, penelitian baru menambah bukti bahwa anjing terlatih dapat membantu menyaring orang untuk mengidentifikasi pasien yang terinfeksi virus corona. 

Di dua pusat penyaringan komunitas di Paris, 335 sukarelawan yang menjalani tes PCR tradisional juga memberikan sampel keringat. Secara keseluruhan, 78 orang dengan gejala dan 31 orang tanpa gejala dinyatakan positif melalui PCR. 

Mengingat sampel keringat untuk dicium, anjing-anjing itu 97 persen akurat dalam mendeteksi pasien yang terinfeksi, dan 100 persen akurat dalam mendeteksi infeksi pada pasien tanpa gejala. Mereka juga 91 persen akurat dalam mengidentifikasi sukarelawan yang tidak terinfeksi, dan 94 persen akurat dalam mengesampingkan infeksi pada orang tanpa gejala.

"Pengujian anjing adalah non-invasif dan memberikan hasil langsung dan dapat diandalkan," ujar para penulis. 

Studi lebih lanjut akan difokuskan pada mengendus langsung oleh anjing untuk mengevaluasi anjing pelacak untuk pra-tes massal di bandara, pelabuhan, stasiun kereta api, kegiatan budaya, atau acara olahraga. Banyak partikel virus corona di dalam orang yang terinfeksi kemungkinan termasuk beberapa yang bermutasi yang mungkin berubah menjadi contoh awal varian penting. 

Menganalisis dengan cermat partikel virus yang diperoleh dari 10 orang dengan infeksi yang dikaitkan dengan varian Alpha di Spanyol pada April 2021, para peneliti mengidentifikasi beberapa partikel bermutasi yang menyerupai varian Omicron, yang tidak diidentifikasi secara resmi hingga tujuh bulan kemudian. Mereka juga menemukan karakteristik mutasi bentuk Delta dan Iota, menurut sebuah laporan yang diterbitkan di Journal of Clinical Investigation.

Sementara mengidentifikasi varian dominan pasien individu mungkin cukup untuk tujuan diagnostik, sekuensing genetik yang digunakan dalam penelitian ini dapat membantu para ilmuwan melacak mutasi pada partikel SARS-CoV-2 yang mungkin berkembang menjadi varian yang menjadi perhatian. Virus yang bereplikasi pada setiap pasien yang terinfeksi pada kenyataannya adalah campuran dari virus SARS-CoV-2 yang sedikit berbeda. 

Virus yang berbeda ini menjelaskan proporsi yang bervariasi dari ansambel penuh. Varian minoritas pada satu individu yang terinfeksi dapat menjadi dominan pada orang lain, baik secara kebetulan, atau karena keuntungan selektif terkait dengan ada tidaknya obat, vaksin, atau faktor lain. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement