Saturday, 12 Rabiul Awwal 1444 / 08 October 2022

Enam Ayat Alquran tentang Penciptaan Langit dan Bumi

Jumat 04 Mar 2022 09:22 WIB

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah

Ilustrasi alam semeta. Planet merkurius, venus, bumi, dan mars (kiri-kanan). Alquran sebutkan ayat tentang penciptaan alam semesta seperti langit dan bumi

Ilustrasi alam semeta. Planet merkurius, venus, bumi, dan mars (kiri-kanan). Alquran sebutkan ayat tentang penciptaan alam semesta seperti langit dan bumi

Foto: goodfreephotos.com
Alquran sebutkan ayat tentang penciptaan alam semesta seperti langit dan bumi

REPUBLIKA.CO.ID, — Allah  SWT menciptakan langit dan bumi karena memiliki tujuan dan bukan sekadar main-main. Tentu dalam penciptaannya terdapat proses secara urut dari awal dan akhir. 

Dinukilkan dari buku Manfaat Benda-Benda Langit dalam Perspektif Alquran dan Sains terbitan Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran Kemenag disebutkan, enam ayat yang menjelaskan proses penciptaan langit dan bumi yaitu sebagai berikut: 

Baca Juga

Pertama, Ali Imran ayat 190-191 

إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَآيَاتٍ لِأُولِي الْأَلْبَابِ الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَٰذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi serta pergantian malam dan siang terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk, atau dalam keadaan berbaring, dan memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), “Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia. Mahasuci Engkau. Lindungilah kami dari azab neraka.” 

Kedua, Ad Dukhan ayat 38 

وَمَا خَلَقْنَا السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَا لَاعِبِينَ “Tidaklah Kami ciptakan langit, bumi, dan apa yang ada di antara keduanya secara main-main.” 

Ketiga, Al Jatsiyah ayat 3  

إِنَّ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ لَآيَاتٍ لِلْمُؤْمِنِينَ “Sesungguhnya di langit dan bumi benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang mukmin.”

Baca juga: 3 Tanda yang Membuat Mualaf Eva Yakin Bersyahadat

Keempat, Al Jatsiyah ayat 13

وَسَخَّرَ لَكُمْ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ جَمِيعًا مِنْهُ ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

“Dia telah menundukkan (pula) untukmu apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi semuanya (sebagai rahmat) dari-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir.”   

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA