Kamis 03 Mar 2022 13:34 WIB

Minat Calon Maba Unkris Mengalami Peningkatan

Ada 4 hal yang mendapatkan perhatian serius FT Unkris pada semester genap 2021/2022.

Dekan Fakultas Teknik Unkris Dr Harjono P Putra ST MKom dalam kegiatan sosialisasi pelaksanaan pembelajaran semester genap Tahun Ajaran 2021/2022 yang diikuti 100 dosen di lingkungan FT Unkris.
Foto: Istimewa
Dekan Fakultas Teknik Unkris Dr Harjono P Putra ST MKom dalam kegiatan sosialisasi pelaksanaan pembelajaran semester genap Tahun Ajaran 2021/2022 yang diikuti 100 dosen di lingkungan FT Unkris.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI  - Fakultas Teknik Universitas Krisnadwipayana (Unkris) menjadi salah satu fakultas yang sangat diminati masyarakat. Salah satu indikatornya adalah jumlah pendaftar calon mahasiswa baru yang mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

“Data dari Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Unkris, Fakultas Teknik ada tren positif dalam hal minat calon mahasiswa baru. Ini berita yang menggembirakan kita semua,” kata Dekan Fakultas Teknik Unkris Dr Harjono P Putra ST MKom usai sosialisasi pelaksanaan pembelajaran semester genap Tahun Ajaran 2021/2022 yang diikuti 100 dosen di lingkungan FT Unkris, dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Kamis (3/3/2022).

Khabar baik tersebut, lanjut Harjono, tentunya harus dibarengi dengan berbagai upaya perbaikan layanan dan peningkatan mutu pembelajaran. Karena itu, dia mengajak, seluruh dosen pengampu dan tenaga kependidikan di lingkungan FT Unkris untuk bersama-sama menyamakan persepsi guna membawa FT Unkris semakin maju ke depan. 

Mahasiswa FT Unkris, diakui Harjono, juga banyak yang berhasil menorehkan prestasi yang membawa harum nama kampus. Dia menyebut, pada program mahasiswa magang sebagai bagian dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka, mahasiswa prodi Informatika FT Unkris ditunjuk menjadi brand ambassador Tekomsel Buddies. 

"Ini menunjukkan bahwa kualitas mahasiswa FT Unkris tidak kalah dengan mahasiswa dari perguruan tinggi lainnya terutama negeri," katanya.

Selain itu, dalam kegiatan riset dan pengabdian pada masyarakat, dosen, dan mahasiswa FT Unkris juga telah menghasilkan banyak riset yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Berbagai pencapaian tersebut menurut Harjono, tentu harus terus ditingkatkan. 

"Dosen dan mahasiswa harus terus bersinergi untuk mencapai target-target sesuai dengan visi FT Unkris yakni unggul melalui riset dan inovasi, teknologi lingkungan hijau, struktur dan informasi di DKI Jakarta tahun 2025," ujarnya.

Dekan menyebut, ada empat hal yang mendapatkan perhatian serius pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 ini. Pertama adalah akreditasi 6 program studi yang dimiliki FT Unkris yakni Teknik Industri (Juni 2022), Teknik Informatika (Agustus 2022), Teknik Elektro (September 2022), Teknik Mesin (Oktober 2022) dan Teknik Sipil (November 2022) serta Magister Teknik (Agustus 2022).

“Akreditasi tahun 2022 ini berbeda dengan waktu lalu karena akreditasi tahun ini tidak lewat BAN PT, tetapi lewat Lembaga Akreditasi Mandiri Teknik (LAMTek),” jelas Harjono. 

Kedua adalah terkait model pembelajaran. Dekan memastikan bahwa pada Semester Genap 2021/2022, model pembelajaran menggunakan hybrid dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. Dari 16  kali pertemuan per mata kuliah, tiga kali diantaranya dilakukan secara tatap muka.

“Insyaa Allah perkuliahan akan di mulai tanggal 7 Maret 2022, dimana pertemuan tatap muka selama satu semester sebanyak 3 kali dengan protokol kesehatan yang ketat. Kegiatan perkuliahan sebagian besar akan kita lakukan secara online,” tegasnya.

Ketiga adalah adanya tren animo masyarakat yang mendaftar pada Fakultas Teknik. Tren ini diyakini akan terjadi pula pada musim penerimaan mahasiswa baru tahun ini.

Keempat adalah adanya peningkatan jumlah proposal Hibah Penelitian dan Abdimas yang mencapai 32 proposal. Dekan berharap jumlah proposal hibah penelitian dan Abdimas ini akan terus meningkat jumlahnya.

Rektor Unkris Dr Ir Ayub Muktiono mengingatkan, bahwa tahun ini Unkris genap berusia 70 tahun. Tentu sebagai lembaga pendidikan tinggi, usia 70 tahun merupakan usia yang sudah matang.

Karena itu, penting bagi semua fakultas yang ada untuk menyatukan langkah, menuju kampus unggulan 2025. “Saya berharap tidak hanya Fakultas Teknis yang gerak cepat, 3 fakultas lain juga harus melakukan hal yang sama,” kata dia.

Ayud mengatakan, tantangan yang dihadapi perguruan tinggi saat ini dan yang akan datang sangatlah kompleks. Perkembangan teknologi informasi yang sedemikian pesat membawa perubahan yang juga sangat besar. 

"Itu sebabnya, adaptasi baik secara kelembagaan, SDM maupun lulusan harus menjadi prioritas kerja semua sivitas akademika Unkris sehingga ke depan lembaga ini semakin menjadi pilihan utama bagi masyarakat yang akan melanjukan ke jenjang pendidikan tinggi," ucap dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement