Sunday, 4 Zulhijjah 1443 / 03 July 2022

DKM Al Huda Gagas Pasar Kreativitas dan Lumbung Pangan Berbasis Masjid

Rabu 02 Mar 2022 20:43 WIB

Red: Teguh Firmansyah

DKM Al Huda mempersiapkan program Pasar Kreatif

DKM Al Huda mempersiapkan program Pasar Kreatif

Foto: Istimewa
Program bertujuan memakmurkan masjid dan mengoptimalkan fungsi sebagai pelayan umat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG -- Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al Huda Gedung Meneng menggagas tiga program unggulan untuk memakmurkan masjid dan mengoptimalkan fungsinya sebagai pelaayan umat. Tiga program tersebut yakni Pasar Kreativitas Gedung Meneng (PasGede), Lumbung Beras Masjid bagi Dhuafa, dan Pusat Kebugaran/Kesehatan Masyarakat

"Pasar Kreativitas Gedung Meneng (PasGede) adalah upaya Masjid Al Huda untuk memfasilitasi kegiatan ekonomi warga terdampak Covid-19 melalui kegiatan pasar rakyat di lapangan terbuka setiap akhir pekan (hari Ahad)," ujar Ketua DKM Masjid Al Huda Ahmad Suryanto, dalam keterangan tertulisnya kepada Republika.co.id, Rabu (2/3/2022).

Baca Juga

Menurut Ahmad, kegiatan akhir pekan akan diisi dengan hiburan (live music), dan kuliner tradisional, permainan anak-anak, dan aneka kegiatan lain untuk menghadirkan keceriaan bagi warga dan anak-anak.

Adapun Lumbung Beras Masjid bagi Dhuafa, jelasnya, adalah upaya masjid menyediakan bahan makan pokok bagi warga yag membutuhkan agar mereka terbantu untuk tetap bersyukur dan bahagia.  

"Jadi bagi kaum Dhuafa, darimana saja, terutama akan dipriorotaskan dulu yang tinggal di sekitar Gedung Meneng, jika membutuhkan bahan pokok berupa beras, setiap hari kami terbuka menyediakan/ menyalurkan beras yang berasal dari para donatur," paparnya.

Sedangkan untuk layanan kesehatan, ini juga disediakan bagi warga sekitar yang membutuhkan layanan kesehatan. Ke depan Masjid Al Huda juga akan memfasilitasi klinik dan pusat kebugaran yang akan dirintis secara bertahap.

Rencananya, jelas Ahmad Suryanto, Pasar Kreativitas Gedung Meneng (PasGede) dan Lumbung Beras Masjid bagi Dhuafa akan di-launching pada Ahad, (6/3/2022) pekan ini. Pada event ini juga akan diselenggarakan senam kesegaran jasmani bersama pemeriksaan kesehatan gratis.

Menurut pria jebolan Universitas Lampung itu, dalam jangka panjang program ini akan makin mendekatkan ummat untuk lebih dekat dengan Masjid sebagai sentral kegiatan spiritual dan sosial. Sehingga ke depan akan tercipta masyarakat yang damai, makmur, dan religius berbasis Masjid.

Secara keseluruhan kegiatan ini, jelasnya, mendapat support penuh dari Penasihat/ Pembina Masjid Al Huda, sekaligus sesepuh Gedung Meneng pendiri Pondok Pesantren Daarul Hikmah, yang kini juga mendapat mandat rakyat Lampung sebagai senator di Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI), Abdul Hakim.

               

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA