Tuesday, 29 Zulqaidah 1443 / 28 June 2022

6 Aplikasi Payroll yang Mempermudah Proses Gaji Karyawan Setiap Bulannya

Senin 16 May 2022 21:26 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

6 Aplikasi Payroll yang Mempermudah Proses Gaji Karyawan Setiap Bulannya

6 Aplikasi Payroll yang Mempermudah Proses Gaji Karyawan Setiap Bulannya

Aplikasi payroll membantu perusahaan dalam mengatur keuangan serta untuk menyimpan data-data gaji karyawan. Berikut ini ada beberapa aplikasi payroll pilihan.

Pembayaran gaji merupakan waktu yang sangat ditunggu-tunggu oleh para karyawan. Di era perkembangan teknologi yang cukup pesat ini, pembayaran gaji bisa dilakukan via internet tanpa harus memanggil satu per satu karyawan untuk menyerahkan gaji. Bahkan, ada beberapa aplikasi payroll yang sudah banyak digunakan oleh perusahaan.

Aplikasi payroll membantu perusahaan dalam mengatur keuangan serta untuk menyimpan data-data gaji karyawan. Fitur-fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini juga cukup lengkap dan secara langsung terintegrasi dengan kebutuhan pembayaran lainnya, misalnya BPJS.

Banyak sekali aplikasi payroll yang dapat digunakan oleh perusahaan. Tentunya penggunaan tersebut harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing perusahaan.

Berikut ini beberapa aplikasi payroll yang dapat membantu memudahkan perusahaan untuk mengatur proses pembayaran gaji.

 

1. KaryaOne

Payroll

Aplikasi payroll via Google Play

KaryaOne adalah software yang digunakan untuk mengelola data karyawan atau sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan dengan berbasis web atau cloud. Banyak benefit yang bisa dirasakan dari penggunaan aplikasi ini.

  • Aplikasi ini irit terhadap memori, hal ini disebabkan karena basis yang digunakan adalah web atau cloud. Selama ada konektivitas internet, maka data karyawan dapat diakses dengan mudah.
  • Bisa mengatur keperluan lain yang dibutuhkan karyawan. Misalnya saja untuk cuti, absensi, data karyawan lama dan baru, bahkan dapat disambungkan ke dalam jaringan data fingerprint scanner. Hal ini tentu juga memudahkan perusahaan untuk membangun sistem penggajian yang baik dan terintegrasi.
Namun, satu kelemahan yang dimiliki oleh aplikasi ini yaitu aplikasi berbayar dengan harga yang tidak murah.

Baca Juga: Cara Menghitung PPh Karyawan untuk SPT Tahunan

2. Gadjian

Aplikasi ini dinyatakan sebagai aplikasi paling favorit dan banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia. Aplikasi ini menawarkan berbagai macam fitur yang sesuai dengan kebutuhan data karyawan.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga menawarkan fitur perhitungan pajak penghasilan serta pembayaran iuran BPJS secara otomatis. Basis data yang digunakan oleh aplikasi ini tidak berbeda dengan aplikasi KaryaOne yaitu basis web ataupun cloud. Sehingga mudah sekali untuk diakses selama terhubung dengan jaringan internet. 

3. Payroll Bozz

Meski nama aplikasi ini adalah payroll, tetapi fitur-fitur yang ditawarkan tidak hanya mengenai payroll saja. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur yang mampu membantu karyawan menyelesaikan berbagai macam pekerjaan.

Salah satu fitur yang ditawarkan adalah employee self service, yaitu fitur yang memberikan akses kepada karyawan untuk memasukkan data ataupun hasil pekerjaannya secara mandiri. Tak hanya itu, ada juga fitur online request and approval yang dapat digunakan oleh karyawan untuk menyampaikan usulan kebijakan-kebijakan kepada atasan.

Payroll Bozz ini juga menawarkan free trial terlebih dahulu untuk dicoba. Jika memang sesuai dengan kebutuhan perusahaan maka langkah selanjutnya bisa melakukan pembelian dengan beberapa pilihan paket yang telah ditentukan.

4. Weefer

Weefer menyatakan diri sebagai pionir yang menciptakan beragam solusi dengan menggunakan teknologi informasi. Hampir sama dengan aplikasi sebelum-sebelumnya, Weefer menawarkan berbagai macam fitur untuk pengelolaan sumber daya manusia dalam perusahaan. Untuk itu, Weefer sangat cocok digunakan untuk perusahaan dengan skala besar.

Tak hanya aplikasi payroll, Weefer juga menawarkan berbagai aplikasi untuk mengatur tugas serta pekerjaan karyawan, baik itu secara individu maupun tim. Weefer juga mengadakan free demo bagi perusahaan yang ingin mencoba, sekaligus training penggunaan aplikasi ini. 

Baca Juga: Contoh Slip Gaji Pegawai dan Manfaatnya, Jangan Sepelekan!

5. Andal PayMaster

Payroll

Andal Paymaster via andalsoftware.com

Aplikasi ini merupakan salah satu produk keluaran Andal Software. Aplikasi ini dapat membantu mengelola data karyawan yang berhubungan dengan sistem kehadiran, pembayaran pajak serta asuransi kesehatan karyawan.

Aplikasi ini hadir dengan versi yang dapat diperbarui dan menyesuaikan dengan permintaan dan kebutuhan pasar. Aplikasi ini berbasis perangkat lunak dan untuk penggunaannya, perusahaan diwajibkan untuk meng-install terlebih dahulu ke dalam perangkat komputer. 

Produk ini bisa dipesan langsung melalui website resmi Andal Pay Master. Tapi yang perlu diingat, jika sudah menggunakan aplikasi ini maka jangan malas untuk melakukan proses updating ketika dibutuhkan. Tujuannya agar dapat mencoba dan menikmati setiap ada perubahan atau penambahan fitur tertentu. 

6. Sleekr

Sleekr merupakan salah satu aplikasi dari Mekari yang telah menobatkan dirinya sebagai aplikasi payroll teraman dan banyak dipercayai oleh karyawan. Banyak fitur canggih yang ditawarkan oleh aplikasi ini, salah satunya untuk memudahkan mengatur waktu gajian karyawan.

Aplikasi ini juga menawarkan sistem perusahaan yang terpusat. Dimulai dari data karyawan, administrasi bisnis hingga sistem payroll karyawan. Tak hanya itu saja, Sleekr juga menawarkan aplikasi untuk akuntansi, yaitu Sleekr Accounting yang dapat digunakan untuk merencanakan serta mengevaluasi kondisi keuangan perusahaan.

Manfaatkan Payroll Gaji Karyawan Lancar

Jika dipergunakan dengan tepat dan benar, perkembangan teknologi terkini sangat membantu manusia untuk melakukan pekerjaan. Dengan adanya teknologi pekerjaan manusia seakan-akan dimudahkan, salah satunya proses payroll dalam perusahaan.

Jika jaman dahulu, proses payroll membutuhkan waktu yang cukup lama, tetapi jika saat ini proses payroll akan terlaksana secara otomatis selama syarat-syaratnya dilengkapi dan dilakukan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan. Banyaknya aplikasi payroll tak jarang juga mampu membingungkan perusahaan untuk memilih. Jika demikian, solusinya hanya satu, yakni pilihlah aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan budget perusahaan.

Baca Juga: Bikin Melongo, Ini Daftar Gaji Karyawan E-Commerce di Indonesia

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA