Ahad 27 Feb 2022 15:56 WIB

Ulama Sufi Puji Peran DMI Memajukan Islam Lewat Masjid dan Pesantren

Syafruddin dinilai berhasil mendukung pondok pesantren dan membangun museum.

Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Syafruddin (kiri) bersama anggota Forum Sufi Dunia Syaikh Dr Muhammad Rajad Dib, saat silaturahim di Jakarta, Ahad (27/2/2022).
Foto: Istimewa
Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Syafruddin (kiri) bersama anggota Forum Sufi Dunia Syaikh Dr Muhammad Rajad Dib, saat silaturahim di Jakarta, Ahad (27/2/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Syafruddin menerima kunjungan silaturahim anggota Forum Sufi Dunia Syaikh Dr Muhammad Rajad Dib di Jakarta, Ahad (27/2/2022). Dalam kunjungan itu, Syafruddin yang juga Ketua Yayasan Indonesia Mengaji ini menjelaskan berbagai program DMI, Yayasan Indonesia Mengaji, dan Yayasan Sejarah Nabi Muhammad SAW.

Waketum DMI menuturkan, hubungan Indonesia dan Suriah sudah terjalin sejak lama. Menurutnya, Suriah termasuk negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia. "Hingga kini hubungan tersebut terjalin dengan baik," tutur Syafruddin dalam keterangan, Ahad (27/2/2022).

Baca Juga

Sementara, Syaikh Muhammad Rajab mengapresiasi peran Syafruddin di DMI untuk memajukan umat Islam di Indonesia. Ia juga memuji kiprah Syafruddin dalam pembinaan masjid dan pondok pesantren di Indonesia.

Menurut Syaikh Muhammad Rajab, nama Syafruddin sudah dikenal secara luas oleh para ulama di dunia Islam. Hal ini tidak lepas dari peranannya di dunia Islam melayu dan gagasannya untuk mendirikan museum internasional sejarah Nabi Muhammad SAW di Indonesia.

Syaikh Muhammad Rajab menuturkan, mengurus masjid adalah pekerjaan yang sangat mulia di hadapan Allah. Ia menukil hadits Rasulullah Muhammad SAW "Barang siapa membangun masjid, maka Allah akan membangunkannya rumah di Surga". Menurut Syaikh Rajab hal ini juga berlaku untuk orang yang mengurusi masjid.

"Syafruddin sangat tepat dan benar, bekerja di kehidupan dunia dengan baik untuk menyiapkan kehidupan akhirat yang kekal," ujarnya.

Syaikh Muhammad Rajab sangat mengapresiasi peranan penting Syafruddin yang sangat lengkap. Yakni, mengurus masjid, mencetak puluhan ribu Alquran dan membagikannya, mendukung pondok-pondok pesantren dan membangun museum.

Syaikh Muhammad Rajab adalah anggota Forum Sufi Dunia yang beranggotakan para ulama antara lain dari Indonesia, Mesir, Maroko, Tunisia, Yaman, Sudan, Lebanon. Forum ini dipimpin Habib Lutfi bin Yahya. Pertemuan diakhiri dengan foto bersama dan pemberian cinderamata.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement