Jumat 25 Feb 2022 21:45 WIB

Cari Sekolah? Yuk Simak Kelebihan Sekolah Berbasis Modern Islamic School

Memilih sekolah berbasis agama Islam yang tepat dapat berdasarkan pada faktor.

Para siswa-siswi Sekolah Prestasi Global (PresGo) melakukan praktik wudhu.
Foto: Dok Sekolah Prestasi Global
Para siswa-siswi Sekolah Prestasi Global (PresGo) melakukan praktik wudhu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekolah merupakan hal yang penting untuk menunjang pendidikan dalam rangka mencetak generasi bangsa.  Saat ini terdapat berbagai pilihan sekolah dengan berbagai keunggulan untuk menunjang prestasi siswa baik akademik maupun non akademik. Salah satu sekolah yang dapat dipilih adalah sekolah berbasis agama Islam. Sekolah tersebut dapat menjadi pilihan karena siswa juga berfokus terhadap pembentukan karakter dan kebiasaan berdasarkan nilai-nilai agama Islam.

Setiap orang tua pasti mengharapkan putra putrinya dapat sukses. Selain itu, ilmu agamapun menjadi hal yang penting. Sekolah berbasis agama Islam menjadi pilihan yang tepat agar anak tidak terlepas dari perilaku dan pengetahuan sesuai dengan ajaran agama Islam. 

Memilih sekolah berbasis agama Islam yang tepat dapat berdasarkan pada beberapa faktor. Sebagai orang tua tentunya harus memilih sekolah yang tepat. Seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Kamis (24/2),  cara agar dapat memilih sekolah berbasis Islam yang tepat di antaranya:

1. Lokasi Sekolah

Lokasi menjadi salah satu pertimbangan utama bagi orang tua dalam memilih sekolah untuk putranya. Lokasi sekolah yang strategis akan mempermudah saat antar jemput setiap harinya. Kemudahan akses transportasi juga perlu dipertimbangkan. 

2. Akreditasi

Akreditasi sekolah menunjukkan kualitas yang dimiliki baik dari segi pengajaran maupun fasilitas yang ada di sekolah. Sebelum menentukan sekolah, lebih baik memeriksa akreditasinya terlebih dahulu. 

3. Prestasi

Capaian prestasi sekolah juga dapat menjadi tolok ukur dukungan yang diberikan sekolah kepada peserta didik dalam mencapai prestasi. Sekolah setidaknya dapat memahami bakat yang dimiliki peserta didik sehingga dapat terus diasah dan membimbing peserta didik untuk meraih prestasi. 

4. Biaya

Bagi sebagian besar orang, biaya menjadi hal yang sangat penting sebagai bahan pertimbangan. Mengetahui biaya sekolah yang diperlukan juga akan mempermudah perencanaan biaya. 

5. Program unggulan

Setiap sekolah tentunya memiliki berbagai program untuk menunjang prestasi peserta didik. Tidak ada salahnya mengetahui program unggulan sekolah sebelum memilih sekolah untuk putra putri anda. 

Kelebihan sekolah berbasis agama Islam

Sekolah berbasis agama Islam memiliki berbagai kelebihan jika dibandingkan dengan sekolah reguler. Hal itu juga yang membuat banyak orang tua memercayakan pendidikan putra putri mereka di sekolah berbasis agama. Adapun kelebihan dari sekolah berbasis agama Islam di antaranya:

1. Peserta didik akan dibekali dengan karakter dan ilmu agama Islam. 

2. Adanya kegiatan di luar kelas untuk menunjang bakat dan minat peserta didik. 

3. Akhlak yang baik ditanamkan dalam kegiatan belajar-mengajar dan interaksi di sekolah.

4. Tingkah laku, pembiasaan dan budi pekerti dilatih berdasarkan ajaran agama Islam. 

SMP Prestasi Global yang berada di kota Depok, Jawa Barat dengan konsep Modern Islamic School merupakan sekolah berbasis agama Islam yang memiliki berbagai macam program unggulan. Beberapa program unggulan tersebut di antaranya:

● Online learning program

● Islamic activity program

● Student reseaerch project

● Student mentoring program

● Student tahfidz program

● Presgo develompent competencies

Selain memiliki program unggulan, SMP Prestasi Global juga memiliki beberapa keunggulan sebagai berikut:

● Kegiatan belajar dengan mengedepankan teknologi.

SMP Prestasi Global mengedepankan proses belajar mengajar dengan berbasis teknologi informasi dengan dukungan laboratorium komputer. Saat ini, komputer menjadi life skill yang wajib dimiliki. 

● Menggunakan konsep balance life

Konsep ini memberikan peserta didik wawasan dan keahlian melalui aktivitas fisik dengan berbagai kegiatan. Sekolah juga tidak memberikan PR agar para peserta didik memiliki waktu luang untuk bermain dan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar di luar jam belajar di sekolah.

● Kegiatan keagamaan

Di SMP Prestasi Global peserta didik tidak didorong untuk menghafalkan Alquran melainkan diarahkan untuk membiasakan diri membaca Alquran dengan baik dan benar. Hal itu membuat peserta didik tidak dibebani dengan hafalan. Kegiatan ekstra club keagamaan untuk peserta didik yang berminat untuk lebih mendalami ilmu agama Islam.

• Peringkat akreditasi A 

Guru yang telah berpengalaman di mata pelajaran yang diajarkan memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan. Dengan dukungan fasilitas terbaik, SMP Pretasi Global telah memperoleh predikat akreditasi A.

Selain itu, Sekolah Prestasi Global yang biasa disebut PresGo memiliki beberapa lembaga penunjang untuk memfasilitasi kebutuhan para siswa dan orang tua, yaitu PresGo Psikologi Center (PPC), PresGo Daring Center (PDC) dan PresGo Islamic Center (PIC).

Saat ini SMP Prestasi Global menerima peserta didik baru. Dengan berbagai program unggulan, menjadikan SMP Prestasi Global sebagai sekolah Islam modern yang tepat untuk menunjang prestasi peserta didik. Bunda juga dapat memilih beberapa tingkatan sekolah di Prestasi Global dari jenjang KB, TK dan SD.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement