Kamis 24 Feb 2022 14:18 WIB

Kembangkan Desa Digital, Mahasiswa UNM Luncurkan Aplikasi Desa Nagari

Mahasiswa UNM luncurkan website yang mempromosikan perkembangan desa

Mahasiswa UNM luncurkan website yang mempromosikan perkembangan desa.
Foto: UNM
Mahasiswa UNM luncurkan website yang mempromosikan perkembangan desa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di era digital saat ini, teknologi informasi berkembang pesat. Salah satunya dapat dimanfaatkan sebagai tempat bertukar informasi dengan cepat dan mudah.

Pesatnya teknologi informasi ditandai juga dengan banyaknya situs-situs website yang digunakan untuk memajukan suatu bisnis, baik itu perorangan maupun kelompok atau bisa juga digunakan sebegai media promosi. Sinergi dengan tumbuhnya teknologi digital, di kota ataupun di desa, penggunaan website ini sangat dibutuhkan untuk perkembangan desa dalam hal publikasi.

Baca Juga

Website juga dapat digunakan untuk mempromosikan berbagai perkembangan dan kegiatan desa. Dengan demikian siapa pun dapat menerima informasinya dengan mengakses secara digital.

Hamdan, mahasiswa Universitas Nusa Mandiri (UNM) yang berkomitmen di bidang start up, telah berhasil membangun start up dengan nama Malakatech Indonesia. Ia kini kembali memberikan sumbangsih baru berupa pemberian website untuk sebuah desa wisata yang terletak di Kecamatan Bukik Barisan, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, Indonesia.

Ia menerangkan website tersebut dirancang untuk menyediakan segala informasi yang berhubungan dengan pelayanan pemerintah Desa Baruah Gunuang. Baruah Gunuang merupakan salah satu daerah dataran tinggi dengan potensi wisata yang luar biasa.

“Begitu banyak potensi wisata di desa Buruah Gunuang, maka dibuatlah website dengan nama Nagari Baruah Gunuang. Oleh karena itu, Malakatech Indonesia secara resmi meluncurkan website ini dengan laman http://www.baruahgunuang.desa.id/,” terangnya dalam rilis yang diterima, Rabu (23/2/2022).

Menurut Hamdan tampilan situs Nagari Baruah Gunuang sangat menarik dan tentunya hal ini akan menjadi kebanggaan bagi masyarakat setempat. Website ini menyediakan semua informasi resmi tentang desa Baruah Gunuang dan bisa diakses oleh semua orang.

“Dengan adanya website ini, tentunya akan semakin memudahkan masyarakat untuk mengetahui tokoh dan berita terbaru terkait desa Baruah Gunuang,” katanya.

Website ini memberikan informasi tentang kegiatan dan rencana pemerintah Desa Baruah Gunuang. “Semoga website ini dapat bermanfaat dan menjadi salah satu upaya peningkatan pelayanan desa. Semoga ke depannya website Nagari Baruah Gunuang dapat menjadi jendela informasi, edukasi, dan kreativitas bagi semua pihak yang bermanfaat bagi masyarakat,” harapnya.

Devi Maulina selaku ibu wali Nagari Buruah Gunuang mengatakan dengan website Nagari Baruah Gunuang masyarakat dapat mengetahui tentang kegiatan pemerintahan di Desa Nagari ini. “Masyarakat diharapkan dapat terlibat dalam memantau proyek yang direncanakan dan berpartisipasi dalam membangun Nagari Baruah Gunuang tercinta,” ujarnya.

Dia pun berterima kasih pada mahasiswa UNM yang telah membantu membangun website Nagari sekaligus memberikan pelatihan pengoperasian website Nagari Baruah Gunuang. “Semoga adanya website ini dapat mendukung pembangunan seluruh Nagari dan juga membantu jutaan orang ataupun desa dengan memanfaatkan potensi yang ada melalui internet untuk membangun desa. Selain membangun kesuksesan online, website merupakan media paling efektif untuk rencana pengelolaan dana desa. Terima kasih sekali lagi dan sukses untuk Malakatech Indonesia dan UNM,” ungkapnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement