Thursday, 7 Jumadil Awwal 1444 / 01 December 2022

Rahasia di Balik Ayat 30 Surat Ar Rad yang Sering Dilewatkan

Rabu 23 Feb 2022 13:44 WIB

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Nashih Nashrullah

Ayat 30 Surat Ar Rad. Ayat 30 Surat Ar Rad mempunyai manfaat bagi para pembacanya

Ayat 30 Surat Ar Rad. Ayat 30 Surat Ar Rad mempunyai manfaat bagi para pembacanya

Foto: Republika/ Nashih Nashrullah
Ayat 30 Surat Ar Rad mempunyai manfaat bagi para pembacanya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Ada beragam ayat Alquran yang dianjurkan untuk seorang Muslim membacanya dalam kondisi tertentu. Ada yang dianjurkan dibaca saat meruqyah, saat kondisi sulit, dan manfaat lainnya. 

Namun pendakwah Islam Mesir, Dr Mabruk Athiyah, mengungkapkan ada satu ayat dalam Alquran yang sering kali tidak diketahui Muslim manfaatnya. Firman Allah itu ada di surat Ar Rad ayat 30. Allah SWT berfirman: 

Baca Juga

 كَذَٰلِكَ أَرْسَلْنَٰكَ فِىٓ أُمَّةٍ قَدْ خَلَتْ مِن قَبْلِهَآ أُمَمٌ لِّتَتْلُوَا۟ عَلَيْهِمُ ٱلَّذِىٓ أَوْحَيْنَآ إِلَيْكَ وَهُمْ يَكْفُرُونَ بِٱلرَّحْمَٰنِ ۚ قُلْ هُوَ رَبِّى لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَإِلَيْهِ مَتَابِ 

Artinya: "Demikianlah, Kami telah mengutus kamu pada suatu umat yang sungguh telah berlalu beberapa umat sebelumnya, supaya kamu membacakan kepada mereka (Alquran) yang Kami wahyukan kepadamu, padahal mereka kafir kepada Tuhan Yang Mahapemurah. Katakanlah: "Dialah Tuhanku tidak ada Tuhan selain Dia; hanya kepada-Nya aku bertawakkal dan hanya kepada-Nya aku bertaubat." (QS Ar Rad ayat 30).

Dilansir dari Masrawy, Jumat (28/1/2022) firman Allah SWT dalam surat Ar Rad ayat 30 disarankannya dibaca saat kondisi sulit. Seperti untuk pasien, di saat kelaparan, dalam kesusahan, dalam kebingungan, dan dalam keadaan membutuhkan petunjuk Allah SWT.  Siapapun bisa membaca ayat ini:

هُوَ رَبِّى لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَإِلَيْهِ مَتَابِ Huwa Robbi Laa ilaaha illa huwa alaihi tawakaltu wa ilaihi mataab

Dengan membaca ayat ini, Allah akan memberikan kemudahan dalam menghadapi kondisi sulit tersebut. Bagi yang sakit diberi kesembuhan dan yang dalam kebingungan diberi petunjuk.      

 

Sumber: masrawy 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA