Rabu 23 Feb 2022 23:31 WIB

Ini 5 Janji Besar Elon Musk soal Pasang Chip di Otak Manusia, Berani Coba?

Elon Musk memiliki bakat dalam mencapai prestasi yang orang lain anggap mustahil.

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
SpaceX founder Elon Musk speaks at a press conference following the first launch of a SpaceX Falcon Heavy rocket at the Kennedy Space Center in Cape Canaveral, Florida, U.S., February 6, 2018. (Reuters/Joe Skipper)
SpaceX founder Elon Musk speaks at a press conference following the first launch of a SpaceX Falcon Heavy rocket at the Kennedy Space Center in Cape Canaveral, Florida, U.S., February 6, 2018. (Reuters/Joe Skipper)

Orang terkaya dunia, Elon Musk memiliki bakat dalam mencapai prestasi yang orang lain anggap mustahil. Mulai dari roket ke luar angkasa hingga menjadi raja industri mobil listrik. Kini, Musk kembali bertekad untuk membuat sejarah.

Proyek gairah terbarunya adalah Neuralink, perusahaan yang mengembangkan implan otak yang akan menghubungkan otak manusia secara langsung dengan komputer. Ia mengklaim brain-computer interface (BCI) ini akan memungkinkan manusia untuk melakukan tindakan melalui pemikiran saja.

Salah satu tujuan pertama Musk yaitu membantu orang lumpuh mendapatkan kembali kemandirian mereka.

Baca Juga: Gak Terima Dituding Bayar Pajak 'Nol', Elon Musk Marah: Saya Bayar Pajak Terbanyak dalam Sejarah

Tak sampai di situ, Musk berharap, suatu hari nanti tidak hanya akan mengobati tetapi juga menyembuhkan gangguan otak dan bahkan menyimpan kenangan sehingga orang dapat mengunjunginya kembali seperti album foto.

Musk juga berharap dapat membantu paraplegia berjalan dan menyembuhkan gangguan otak. Ini tentunya merupakan tujuan mulia. Tetapi banyak ahli khawatir bahwa Musk secara serius melebih-lebihkan apa yang dapat dicapai oleh implan Neuralink.

“Tidak seperti Tesla atau SpaceX, kami tidak berbicara tentang masalah teknologi atau masalah infrastruktur. Ini adalah masalah sains yang mendasar,” ujar Christof Koch, seorang peneliti di Institut Allen untuk Ilmu Otak kepada Fortune dalam fitur majalah baru-baru ini.

Melansir Fortune di Jakarta, Rabu (23/2/22) menangani klaim terbesar Musk mengenai implan otak Neuralink:

1. Chip otak Neuralink akan menyelamatkan kita dari AI penghancuran

“Bahkan dalam skenario AI, kita akan tertinggal. Tetapi dengan antarmuka mesin-otak, kita benar-benar dapat melanjutkan perjalanan,” kata Musk.

Pertama, jenis superintelligence yang ditakuti Musk tetap fiksi ilmiah banyak yang berpikir itu setidaknya dapat terjadi dalam beberapa dekade.

Kedua, Musk membayangkan antarmuka otak-komputernya sebagai mekanisme komunikasi dua arah, jadi bahkan jika Neuralink berhasil mewujudkan visi besar Musk, implan otaknya dapat dengan mudah digunakan oleh mesin super cerdas untuk mengendalikan manusia sebagai sarana untuk memastikan dominasi mereka atas mesin super cerdas.

Namun, kemajuan teknologi yang diperlukan untuk memungkinkan penggabungan otak-komputer dengan bandwidth tinggi semacam itu juga masih bertahun-tahun, bahkan beberapa dekade jauhnya.

2. Chip otak akan memulihkan mobilitas orang dengan cedera tulang belakang

Pada April 2020, tim peneliti melaporkan bahwa mereka telah berhasil memulihkan sensasi pada tangan seorang peserta penelitian dengan cedera tulang belakang yang parah menggunakan sistem BCI (brain computer interface).

Klaim Musk untuk memulihkan mobilitas dengan BCI dapat dijangkau dengan baik. Tetapi masih ada pertanyaan tentang seberapa banyak fungsionalitas yang dapat dihasilkan sistem tersebut dan seberapa mudah bagi pasien untuk belajar menggunakannya. Keamanan jangka panjang dari memiliki implan di otak manusia juga masih menjadi pertanyaan besar.

3. Chip otak akan mengobati kondisi neurologis seperti penyakit Parkinson

Ada teknologi saat ini seperti stimulasi otak dalam yang sudah dapat melakukan beberapa hal ini. Neuralink berpotensi lebih maju dalam perawatan ini. Tetapi konfigurasi perangkat Neuralink saat ini, yang memiliki elektroda yang ditanam di dekat permukaan lapisan luar otak, yang dikenal sebagai korteks, tidak diatur untuk melakukan stimulasi otak dalam.

4. Chip otak akan memberikan kemampuan manusia super kepada orang yang berbadan sehat

Meskipun memungkinkan orang yang berbadan sehat untuk mengetik atau bermain video game melalui pemikiran saja, para ilmuwan masih belum tahu bagaimana menafsirkan aktivitas otak yang terkait dengan pemikiran konseptual yang lebih kompleks.

Terlebih lagi, tidak jelas regulator medis akan mengizinkan individu yang berbadan sehat untuk memasang chip, karena risiko implan dan operasi untuk menanamkannya mungkin sulit untuk dibenarkan.

5. Mereka akan dapat memasukkan chip otak dalam waktu kurang dari satu jam tanpa anestesi umum

Masing-masing dari 64 utas yang membawa elektroda untuk memantau aktivitas otak jauh lebih tipis daripada rambut manusia terbaik sekalipun. Elektroda ini dimasukkan ke dalam perangkat Link itu yang berdiameter sekitar seperempat dan sekitar lima kali lebih tebal dan berada di dalam lubang yang dibor ke dalam tengkorak.

Otak itu sendiri tidak memiliki reseptor rasa sakit, dan operasi otak sudah sering dilakukan dengan anestesi lokal.

Jadi ada kemungkinan Neuralink akan dapat memenuhi janji ini. Namun, robot bedah yang rencananya akan digunakan untuk menanamkan chip otak belum terbukti dalam uji klinis, dan pasti ada risiko yang terkait dengan pengeboran ke dalam tengkorak dan pendarahan selama implantasi elektroda.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement