Selasa 22 Feb 2022 21:29 WIB

Touring to MotoGP 2022 akan Ramaikan Seri Kedua MotoGP Mandalika

Seri ke-2 gelaran MotoGP Mandalika akan berlangsung pada 18-20 Maret 2022.

Pembalap Mooney VR46 Racing Team Luca Marini memacu kecepatan motornya pada hari terakhir tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Ahad (13/2/2022).
Foto: ANTARA/Andika Wahyu
Pembalap Mooney VR46 Racing Team Luca Marini memacu kecepatan motornya pada hari terakhir tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Ahad (13/2/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seri ke-2 gelaran MotoGP Mandalika akan berlangsung pada 18-20 Maret 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kementerian Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Kemenkop UMKM), PP Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan PT Kereta Api Logistik (Kalog) melakukan sinergi di dalam event berskala internasional ini. 

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf, Rizki Handayani sebagai bentuk dukungan terhadap event MotoGP 2022, Kemenparekraf berkolaborasi dengan IMI menginisiasi kegiatan Touring to MotoGP 2022. Tujuannya adalah untuk mempromosikan dan mengamplifikasi event MotoGP 2022 dengan melibatkan komunitas pecinta motor/otomotif dari berbagai daerah di Indonesia.

Baca Juga

Beberapa aktivitas di dalam kegiatan Touring to MotoGP juga melibatkan pelaku UMKM lokal dan pelaku pariwisata seperti penyedia akomodasi sehingga diharapkan dapat menggerakan perekonomian warga sekitar.

“Kita tahu bahwa Indonesia merupakan fan base MotoGP nomor 1 di dunia, dan komunitas motor/otomotif kita juga memiliki anggota dengan jumlah besar dan tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Kegiatan Touring to MotoGP ini kita harapkan dapat memberi gaung antusiasme event dan semangat kebangkitan pariwisata Indonesia yang semakin besar sehingga memberi manfaat berkelanjutan bagi masyarakat NTB dan Indonesia,” kata Rizki, melalui siaran pers.

Ajang MotoGP memiliki popularitas yang besar dan terus bertumbuh dari seluruh penjuru dunia. Pelaksanaan MotoGP 2022 di Mandalika dapat menjadi salah satu strategi meningkatkan citra pariwisata Indonesia. 

Kehadiran turis Mancanegara dan juga lokal akan menumbuhkan ekonomi masyarakat NTB. Kemenkop UMKM memastikan akan ikut meramaikan ajang internasional MotoGP Mandalika 2022 dengan mengikutsertkan UMKM di event tersebut, menjadi ajang promosi, serta turut mendongkrak perekonomian para pelaku UMKM.

Akan ada lima titik lokasi stand yang disiapkan sebagai lokasi berjualan UKM saat pelaksanaan MotoGP di Sirkuit Mandalika yakni di kawasan ITDC, satu titik di parkir timur, satu titik di parkir barat, dan tiga lokasi berada di dalam areal Sirkuit Mandalika.

Ride To Mandalika MotoGP 2022

Untuk mendukung lancarnya gelaran MotoGP Mandalikan ini, Kemenparekraf, Kemenkop UMKM, PP IMI dan Kalog akan mengadakan event Ride To Mandalika MotoGP 2022. 

“Melalui kegiatan Mandalika MotoGP 2022 ini, IMI kerjasama dengan Kemenparekraf, Kemenkop UMKM, Kalog mendukung dan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi untuk mencegah resesi ekonomi,” ungkap Bambang Soesatyo, Ketua Umum IMI. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement