Selasa 22 Feb 2022 20:08 WIB

Ratu Elizabeth II Masih Rasakan Gejala Ringan, Kegiatan Daring Dibatalkan

Buckingham Palace mengkonfirmasi Elizabeth positif Covid-19 Ahad (20/2/2022) lalu.

Rep: Lintar Satria/ Red: Dwi Murdaningsih
Ratu Elizabeth II dinyatakan positif Covid-19.
Foto: Steve Parsons, Pool via AP
Ratu Elizabeth II dinyatakan positif Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Buckingham Palace mengatakan Ratu Elizabeth II membatalkan semua kegiatan daring karena masih merasakan sedikit gejala flu setelah dinyatakan positif Covid-19. Buckingham Palace mengkonfirmasi Elizabeth positif Covid-19 Ahad (20/2/2022) lalu.

"(Ratu) memutuskan tidak mengikuti kegiatan virtual yang sudah direncanakan hari ini, tapi kami melanjutkan tugas-tugas ringan," kata juru bicara Buckingham Palace, Selasa (22/2).

Baca Juga

Diagnosa Covid-19 menimbulkan kekhawatiran. Seluruh spektrum politik Inggris mendoakan agar ratu lekas pulih. Kerajaan Inggris mengatakan Elizabeth yang sudah divaksin lengkap dan menerima vaksin penguat atau booster akan melanjutkan tugas "ringan" di Windsor Castle dalam satu pekan ke depan.  

Ratu yang merupakan penguasa terlama Inggris menandai 70 tahun bertahta pada 6 Februari lalu. Ketika ayahnya, Raja George VI meninggal dunia pada 1952. Ia akan berusia 96 tahun pada 21 April mendatang.

Putra tertuanya Pangeran Charles dan menantunya Camilla terinfeksi Covid-19 pada bulan ini. Charles sudah kembali menjalani tugas kerajaan. Sejumlah staf Windsor Castle tempat Ratu tinggal juga terjangkit virus corona baru-baru ini.

Pada bulan Oktober tahun lalu Elizabeth menginap satu malam di rumah sakit di London untuk menjalani tes yang tidak diungkapkan ke publik. Baru-baru ini dokter memintanya untuk beristirahat dan hanya menjalani tugas-tugas ringan.

Sejak tahun lalu ia membatalkan banyak kegiatan tapi pada bulan ini kembali menjalani tugas publik. Ia telah menjalani audiensi baik secara daring maupun langsung dengan para diplomat, politisi dan perwira militer senior.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement