Monday, 17 Muharram 1444 / 15 August 2022

Mantan Menlu AS Mike Pompeo akan Kunjungi Taiwan

Senin 21 Feb 2022 17:17 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Friska Yolandha

Mantan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo.

Mantan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo.

Foto: The Guardian.
Pompeo dan istrinya akan mengunjungi pulau yang diklaim China mulai 3-5 Maret.

REPUBLIKA.CO.ID, TAIPEI -- Mantan menteri luar negeri Amerika Serikat (AS) akan mengunjungi Taiwan untuk melakukan pertemuan dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen. Pompeo yang kerap membuat gusar China saat menjabat itu akan ke Taipei pekan depan.

Kementerian Luar Negeri Taiwan pada Senin (21/2/2022) mengatakan, Pompeo dan istrinya akan mengunjungi pulau yang diklaim China mulai 3-5 Maret mendatang. Selain bertemu presiden Tsai, Pompeo juga akan bertemu Menteri Luar Negeri Joseph Wi dan memberikan pidato di sebuah thin-tank.

Baca Juga

"Mantan menteri luar negeri Pompeo adalah teman lama dan setia Taiwan dan memberikan kontribusi luar biasa untuk mempromosikan hubungan Taiwan-AS selama masa jabatannya," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

Kunjungannya menunjukkan dukungan bipartisan yang kokoh AS untuk Taiwan dan hubungan Taiwan-AS yang erat persahabatan antara keduanya. Pemerintahan Trump memberikan dukungan kuat kepada Taiwan, meskipun kurangnya hubungan diplomatik formal, termasuk penjualan senjata tingkat tinggi dan kunjungan pejabat tinggi AS ke Taipei.

Pompeo secara khusus membuat marah Beijing dengan serangannya terhadap Partai Komunis. China telah meningkatkan tekanan militer dan diplomatiknya terhadap Taiwan selama dua tahun terakhir.

Pemerintah Taiwan mengatakan menginginkan perdamaian. Namun akan membela diri jika diserang. Pemerintah Tsai juga mengatakan bahwa hanya penduduk pulau itu yang berhak menentukan masa depan mereka, bukan dipaksa China untuk menerima kedaulatannya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA