Senin 21 Feb 2022 17:10 WIB

Songsong Super Apps, Bank bjb Siap Menuju ‘Elite Bank’

Inovasi digital yang dikembangkan sesuai cita-cita bank bjb menjadi elit bank 2025

Berbagai inovasi digital yang dilakukan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb) selama ini diyakini akan melahirkan aplikasi super bjb DIGI.
Foto: istimewa
Berbagai inovasi digital yang dilakukan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb) selama ini diyakini akan melahirkan aplikasi super bjb DIGI.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Berbagai inovasi digital yang dilakukan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb) selama ini diyakini akan melahirkan aplikasi super bjb DIGI.

Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi mengatakan, inovasi digital yang dikembangkan itu sejalan dengan cita-cita bank bjb untuk menjadi elite bank pada 2025 sebagaimana tertuang dalam corporate plan.

Baca Juga

“Insya Allah ke depannya seluruh aplikasi ini akan menjadi satu kesatuan dalam suatu super apps yang hadir untuk memenuhi seluruh kebutuhan nasabah dalam satu aplikasi saja,” kata Yuddy.

Pencanangan itu sempat disinggungnya saat perayaan HUT ke-60 lalu. Jajaran direksi memantapkan agar perseroan melahirkan berbagai inovasi produk yang bertujuan memudahkan kehidupan masyarakat. Salah satunya yakni pengembangan produk-produk digital banking yang disesuaikan dengan kemajuan zaman sehingga menjadi bagian tak terpisahkan dari dinamika kehidupan masyarakat.

Sejauh ini, bank bjb melakukan berbagai langkah inovasi berupa new digital payments.Yaitu fitur new DIGI dan DigiCash by bank bjb. Lalu  softlaunching kolaborasi bank bjb dengan financial technology (fintech) e-commerce dengan nama E-Pays.  Peluncuran new digital payments ini untuk mengoptimalkan layanan digital bank bjb kepada masyarakat serta pemerintahan daerah.

Bank bjb juga bekerja sama dengan lembaga fintech berkomitmen membangun ekosistem digital yang lebih masif. Menurut Yuddy, inovasi dan kolaborasi merupakan kunci dalam memenangkan persaingan ke depan. Oleh karenanya dukungan layanan digital yang selama ini telah dilakukan perlu dioptimalkan.

Selain itu terdapat kemudahan pembayaran melalui layanan digital bank bjb. Yakni berupa mobile banking, QRIS, uang elektronik, virtual account, internet banking corporate, Agen Laku Pandai, serta produk-produk lainnya.

Menurut Yuddy, bank bjb perlu melakukan inovasi dan bertransformasi agar bisa bersaing di industri perbankan. Di era digital, ditegaskan Yuddy, kolaborasi diyakini menjadi satu hal yang harus dilakukan dalam mencapai visi dan misi perusahaan.

Pada 2021 lalu, perseroan melakukan berbagai inovasi dan pengembangan digitalisasi. Hal tersebut berdampak pada pendapatan fee based income yang naik signifikan. Tak terkecuali dari kanal-kanal atau layanan digital yang semakin digandrungi. Hal ini tidak terlepas dari semakin luasnya ekosistem digital bank bjb yang tumbuh sepanjang 2021. Bahkan, pengguna aplikasi mobile bjb DIGI tumbuh eksponensial.

Selain itu, QRIS merchant bank bjb juga terus tumbuh positif. Pun pengembangan terhadap pemberian fasilitas kredit berbasis digital melalui aplikasi Loan on Boarding, seperti aplikasi bjb Laku untuk segmen UMKM dan Kredit Mesra dan Kredit Usaha Rakyat (KUR), bjb Koin untuk pembiayaan segmen konsumer ASN, serta pengembangan aplikasi pada segmen lainnya. Hal tersebut mendorong percepatan pertumbuhan ekspansi bisnis bank.

Sementara itu, Direktur Information Technology, Treasury and International Banking bank bjb Rio Lanasier mengatakan perseroan yang mayoritas sahamnya dimiliki Pemprov Jabar itu tak pernah berhenti melakukan penguatan digitalisasi dan melahirkan produk baru digital. Guna mengoptimalkan layanan digital, pada 2021 bank bjb meluncurkan sejumlah inovasi baru terkait pembayaran digital.

Beberapa di antaranya yakni fitur new DIGI dan DigiCash serta peresmian kolaborasi dengan fintech e-commerce yang diberi nama E-pays. Menurutnya, new digital payments itu memberikan kemudahan dalam bertransaksi. Melalui uang elektronik DigiCash yang dapat digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan transaksi digital.

Bank bjb diakuinya memegang komitmen untuk terus melakukan berbagai inovasi teknologi sesuai dengan kapasitas sebagai lembaga jasa keuangan dengan semangat untuk terus bertransformasi dan berinovasi menjadi penggerak dalam berkontribusi menghadirkan kemajuan di seluruh penjuru negeri. “Inovasi dan kolaborasi merupakan kunci dalam memenangkan persaingan ke depan. Karenanya dukungan layanan digital terus dioptimalkan,” ucap Rio.

Di tengah keterbatasan aktivitas masyarakat, layanan digital bank bjb justru mencatatkan pertumbuhan kinerja di masa pandemi. Aplikasi mobile banking bjb DIGI berhasil tumbuh signifikan pada periode Desember 2020 hingga Juni 2021. Dalam kurun waktu tersebut, pertumbuhan user bjb DiGi tercatat mencapai 121,2 persen. Pertumbuhan tersebut diprediksi akan terus melesat seiring dengan peningkatan fitur layanan digital banking bank bjb.

Bank bjb meraih penghargaan prestisius kategori KPR Bank Umum Konvensional dalam ajang 10 Infobank Digital Brand Awards 2021. Penghargaan tersebut diraih lewat produk unggulan bank bjb KPR. Produk itu merupakan fasilitas kredit pemilikan rumah yang diberikan bank bjb kepada calon debitur perorangan untuk membeli rumah tapak, apartemen, ruko, rukan dan lainnya baik baru maupun bekas dari pengembang atau perorangan. Selain itu, bank bjb KPR dapat digunakan untuk merenovasi dan membangun rumah, take over serta top up KPR.

Di Kabupaten Cirebon, bank bjb mengantarkan daerah tersebut menuju smart city. Digitalisasi dan elektronifikasi pelayanan publik menjadi salah satu keniscayaan yang dihadirkan kemajuan teknologi. Pemerintah sebagai agen utama pelayanan publik harus mampu menyesuaikan diri dengan derap langkah dan perubahan zaman. Salah satunya dengan implementasi secara bertahap konsep smart city yang turut dicirikan pemanfaatan perangkat elektronik dan digital sebagai solusi bagi peningkatan kualitas pelayanan publik.

Pemerintahan Kabupaten Cirebon menyadari pentingnya langkah adaptasi menuju pelayanan publik terdigitalisasi tersebut. Sebagai salah satu buktinya, Pemkab Cirebon telah melaksanakan pengaplikasian teknologi digital secara bertahap di berbagai bidang untuk memenuhi kebutuhan pelayanan publik. Langkah tersebut dilakukan melalui rangkaian kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk dengan bank bjb.

Secara rinci, layanan QRIS bank bjb yang telah diimplementasikan sebagai alat bayar digital hadir di beberapa tempat. Saat ini, fitur itu telah berjalan di 7 titik pasar untuk pembayaran retribusi pasar, 4 Puskesmas, tempat parkir, terminal, dan pembayaran sejumlah BUMDes Smart.

Dalam waktu dekat ini, bank bjb siap melakukan aksi korporasi di kuartal pertama 2022 berupa rights issue. Aksi korporasi tersebut dimaksudkan untuk mendukung ekspansi kredit perseroan di tahun ini. Skema rights issue merupakan langkah tepat untuk memperkuat permodalan perusahaan sehingga dapat meningkatkan kemampuan penetrasi kredit perusahaan pada tahun ini.

Rencananya, saham baru yang akan dilepas dalam rights issue bank bjb adalah sebanyak-banyaknya 925 juta lembar saham seri B atau setara dengan sebanyak-banyaknya 9,40 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh dalam perseroan.  Rencana rights issue ini telah disetujui dalam RUPS Tahunan pada 6 April 2021.

Seluruh dana rights issue setelah dikurangi dengan biaya emisi itu akan digunakan seluruhnya untuk memperkuat struktur permodalan dalam rangka ekspansi kredit perseroan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement