Senin 21 Feb 2022 07:58 WIB

Kunci Sekolah Prestasi Global,  Terapkan 7 Karakter

Ketujuh prinsip pembentukan karakter itu ditanamkan dalam diri siswa sejak KB-TK.

Ketujuh prinsip pembentukan karakter itu ditanamkan dalam diri siswa sejak jenjang KB-TK.
Foto: Dok Sekolah Prestasi Global
Ketujuh prinsip pembentukan karakter itu ditanamkan dalam diri siswa sejak jenjang KB-TK.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK – Sekolah Prestasi Global (PresGo) Depok merayakan hari jadi (milad) ke-7 pada tanggal 16 Februari 2022. Di usianya yang relatif muda, sekolah yang menyelenggarakan jenjang pendidikan PG, TK, SD dan SMP itu telah mengukir prestasi dalam berbagai bidang, seperti juara I  Lomba Panahan Tingkat Kabupaten Bogor;  juara III  Lomba Vlog Keseharian siswa tingkat Kota Depok, dan juara II Lomba Panjat Tebing  Tingkat Kota Depok (jenjang SD).

“Selain itu,   juara I  Lomba Mewarnai  tingkat Kota Depok, juara III Lomba Membaca Puisi tingkat Kota Depok, dan tahun ini TK Prestasi Global mendapat gelar sekolah pengerak tingkat nasional,” ujarAhmad Faisal selaku direktur Sekolah Prestasi Global dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Sabtu (19/2).

Raihan berbagai prestasi itu tak lepas dari visi dan misi sekolah yang beralamat di Jalan Palem nomor 1, Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok itu. Yakni, menciptakan kader-kader leader yang  berkarakter islami dan mempunyai wawasan global.

“Visi dasar Sekolah Prestasi Global adalah menyiapkan lulusan yang memiliki kuat karakter  Islamnya dan sekaligus siap menghadapi masyarakat global.  Karena itu, di Sekolah Prestasi Global diajarkan bahasa Inggris (bilingual) sejak jenjang TK,” kata Faisal.

Terkait visi dan misi tersebut, Faisal menambahkan, Sekolah Prestasi Global menerapkan tujuh prinsip karakter.  Ketujuh prinsip itu adalah (1) kedisiplinan (dislipcine), (2) berpikir kritis (critical thinking), (3) kreativitas (creativity), (4) kerja tim (team work), (5) religius (religious), (6) kewiraswastaan (entrepreneurship), dan (7) kejujuran (honesty). 

“Ketujuh prinsip pembentukan karakter itu kami tanamkan dalam diri siswa sejak jenjang KB-TK sampai SMP. Insya Allah juga akan diterapkan di jenjang SMA yang akan kami buka dalam waktu 1-2 tahun ke depan,” ujar Faisal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement