Friday, 14 Muharram 1444 / 12 August 2022

Pasukan AS di Jerman Bergerak ke Slovakia untuk Latihan dengan NATO

Rabu 16 Feb 2022 07:54 WIB

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani

Kontingen pertama 2.000 pasukan dan ratusan kendaraan tempur Amerika Serikat (AS) yang ditugaskan di Jerman mulai masuk ke Republik Ceko.

Kontingen pertama 2.000 pasukan dan ratusan kendaraan tempur Amerika Serikat (AS) yang ditugaskan di Jerman mulai masuk ke Republik Ceko.

Foto: Andrew Craft/The Fayetteville Observer via AP
Pasukan AS menuju Slovakia untuk mengikuti latihan militer Saber Strike, NATO

REPUBLIKA.CO.ID, ROZVADOV -- Saksi mata mengatakan, kontingen pertama 2.000 pasukan dan ratusan kendaraan tempur Amerika Serikat (AS) yang ditugaskan di Jerman mulai masuk ke Republik Ceko. Mereka menuju Slovakia untuk mengikuti latihan militer Saber Strike, Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Kementerian Pertahanan Slovakia mengatakan, negara itu memang berbatasan dengan Ukraina. Tapi latihan dua tahunan bersama tujuh negara termasuk negara-negara Baltik, Polandia, Republik Ceko, dan Jerman sudah lama direncanakan dan tidak berkaitan dengan ketegangan Ukraina-Rusia saat ini.

Baca Juga

Pada Rabu (16/2/2022), kementerian mengatakan sekitar 2.000 pasukan dan 600 peralatan militer AS akan ambil bagian dalam latihan bersama hampir 1.300 pasukan Slovakia di dua pekan pertama bulan Maret.  

Kementerian menambahkan latihan di Slovakia akan digelar di sekitar Kota Zvolen, Slovakia tengah, sekitar 300 kilometer jalan darat dari perbatasan Ukraina. Pasukan AS akan kembali ke pangkalan mereka di Jerman setelah latihan selesai.

Slovakia tidak menampung pasukan NATO tapi Selasa (15/2) kemarin Menteri Luar Negeri Jaroslav Nad mengatakan, Slovakia mulai mempertimbangkan menempatkan unit NATO di sana. Sebagai bagian dari upaya memperkuat sayap timur NATO di tengah krisis Ukraina.

sumber : Reuters
Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA