Selasa 15 Feb 2022 11:42 WIB

Sukabumi Persiapkan Gelar Pilkades Serentak di 70 Desa

Semua calon kepala desa diharapkan bisa diketahui rekam jejaknya secara langsung.

Rep: Riga Nurul Iman / Red: Agus Yulianto
Warga mengambil surat suara pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak. (Ilustrasi)
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Warga mengambil surat suara pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, 2022, SUKABUMI -- Pemilihan Kepala Desa (pilkades) serentak Siklus II Gelombang I di Kabupaten Sukabumi akan dilaksanakan 8 Mei 2022. Sebanyak 70 desa dari 38 kecamatan akan menggelar hajat demokrasi di tingkat paling bawah pemerintahan.

Untuk itu, Pemkab Sukabumi terus menggelar pelatihan teknis untuk mewujudkan pilkades aman, lancar, demokratis dan berkualitas. "Semua pelaksana harus cermat agar pilkades bisa sukses tanpa ekses baik sebelum pemilihan, saat pelaksanaan dan pasca pemilihan serta memperhatikan prinsip-prinsip pemilihannya,'' ujar Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri, Senin (14/2/2022). 

Hal ini disampaikan Iyos saat memberikan arahan kepada para peserta pelatihan teknis pemilihan kepala desa serentak tahun 2022 di Aula Desa Nagrak Selatan dan Kantor UPK Kecamatan Nagrak. Pelatihan teknis tersebut diikuti 102 peserta terdiri dari 51 peserta. Mereka berasal Desa Gunungmalang, Desa Bumisari, Desa Sampora Kecamatan Cikidang dan  51 orang dari Desa Cijambe, Desa Cikarae Thoyyibah dan Desa Batununggal Kecamatan Cibadak.

Iyos menyampaikan, melalui pelatihan ini semua peserta memperoleh pembekalan yang memadai sesuai peran dan tanggung jawabnya. "Panitia pengawas dengan segala kapasitasnya harus bisa menjadi penengah dan memecahkan permasalahan apapun yang dapat menganggu kondusivitas wilayah desanya," kata dia.

Iyos berharap, semua calon kepala desa bisa diketahui rekam jejaknya secara langsung oleh panitia. Sehingga, kepala desa bisa memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat serta memenuhi standar dan memenuhi persyratan secara normatif.

Sebelumnya, pembekalan bagi para peserta pelatihan teknis pemilihan kepala desa (Pilkades) Serentak siklus II gelombang I tahun 2022 digelar di GOR Desa Babakanpari Kecamatan Cidahu, Kamis (10/2/2022) lalu.

Dalam momen ini Wabup juga menyampaikan, apresiasi kepada seluruh peserta dan berpesan agar semua berkomitmen dalam melaksanakan tugas dan perannya masing-masing untuk menyukseskan pemilihan kepala desa serentak tahun 2022. "Saya ucapkan terima kasih atas semangat dan kesiapannya, mudah-mudahan pilkades nanti Pelaksanaannya sukses tanpa ekses," kata dia.

Seluruh pihak, juga diimbau agar saat pelaksanaan pilkades nanti selalu taat protokol kesehatan Covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement