Tuesday, 11 Muharram 1444 / 09 August 2022

Pesona Masjid Raya Jumat Shamakhi Azerbaijan

Selasa 15 Feb 2022 11:34 WIB

Red: Agung Sasongko

Masjid Jumat Samakhi, Azerbaijan

Masjid Jumat Samakhi, Azerbaijan

Foto: pinterest
Dalam bahasa lokal, tempat ibadah itu disebut sebagai Samaxi Cume Mescidi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Azerbaijan merupakan sebuah negara di kawasan Pegunungan Kaukasus. Beribu kota di Baku, sejak berabad- abad silam ia dijuluki sebagai Negara Api. Sebab, di sana terdapat Yanar Dag, `gunung terbakar.'

Bentang natural di Semenanjung Absheron itu kerap menyemburkan gas alam yang, ketika bersentuhan dengan panas, maka menghasilkan jilatan api yang menyala-nyala.

Baca Juga

Republik yang pernah menjadi bagian dari Uni Soviet itu berpenduduk mayoritas Muslim. Agama Islam pertama kali memasuki wilayah di pesisir Laut Kaspia itu pada sekitar abad abad ketujuh. Syiar dakwah di sana mula-mula berlangsung seiring dengan ekspansi Dinasti Umayyah.

Hingga kini, ada cukup banyak peninggalan kekhalifahan tersebut yang bisa dijumpai di Azerbaijan. Salah satunya ialah Masjid Raya Jumat Shamakhi.Dalam bahasa lokal, tempat ibadah itu disebut sebagai Samaxi Cume Mescidi.

Shamakhi atau Samaxi merujuk pada distrik tempat masjid tersebut berada.Adapun penamaan Cumeatau Jumat dipilih karena di sanalah pusat berkumpulnya kaum Muslimin pada hari Jumat, khususnya dalam rangka mendirikan shalat Jumat berjamaah.

 

 

sumber : Islam Digest
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA