Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rina Harwati

Karakter Peduli Lingkungan, Pembahasan Penting Program Adiwiyata MTsN 6 Bantul

Eduaksi | Sunday, 13 Feb 2022, 08:26 WIB
Narasumber dari DLHK DIY Memaparkan Materi

“Pada prinsipnya, adiwiyata adalah membiasakan pola pikir dan membentuk pola pikir peduli lingkungan,” demikian kata narasumber workshop penyusunan RPP dari DLHK DIY, Eko Triyanto. Eko berkesempatan membersamai guru dan pegawai MTsN 6 Bantul mendalami adiwiyata pada Sabtu (12/2). Konsep peduli pada adiwiyata ini wujudnya banyak, terutama terkait dengan kelangsungan hidup dan keseimbangan alam untuk penyelamatan bumi. Dipaparkannya bahwa saat ini keadaan bumi semakin memprihatinkan. Banjir, tanah longsor, penipisan lapizan ozon, dan sebagainya sebagian besar diakibatkan oleh ulah manusia yang tidak peduli lingkungan. “Diperlukan pembiasaan karakter bagi generasi penerus melalui pembelajaran. Program untuk membiasakan siswa berkarakter peduli lingkungan, ya adiwiyata ini,” tutur Eko.

Pada kesempatan itu Mafrudah, Kepala MTsN 6 Bantul mengajak kepada seluruh guru dan pegawai MTsN 6 Bantul agar menyimak dengan saksama hal-hal yang disampaikan oleh narasumber. “Pak Eko ini pakarnya adiwiyata, silakan Bapak/Ibu tanyakan semua hal yang perlu dipersiapkan untuk penilaian. Terlebih lagi tentang penyusunan RPP berbasis adiwiyata. Hari ini kita akan belajar banyak dari beliau,” ujar Mafrudah saat memberikan sambutan dan arahan.

Guru dan pegawai MTsN 6 Bantul mengikuti pelatihan secara aktif. Di akhir acara dilakukan presentasi RPP yang telah dibuat untuk diberi masukan-masukan oleh narasumber. Tak lupa, KTSP madrasah yang sudah disusun juga diberi beberapa revisi agar ada muatan adiwiyata. Poin penting yang harus mencerminkan karakter peduli lingkungan diintegrasikam pada apersepsi, indikator dan tujuan pembelajaran, materi, media pembelajaran dan sumber belajar, penilaian, dan refleksi. “Guru dapat memilih materi-materi di bidangnya masing-masing untuk dimasuki karakter peduli lingkungan,” pungkas Eko.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image