Saturday, 15 Muharram 1444 / 13 August 2022

Ingin Pakai Perhiasan Tetapi Terganjal Kulit Sensitif? Coba Tips Ini

Sabtu 12 Feb 2022 22:49 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah

Apabila tidak cocok, perhiasan bisa membuat iritasi pada kulit.

Apabila tidak cocok, perhiasan bisa membuat iritasi pada kulit.

Foto: www.pxhere.com
Apabila tidak cocok, perhiasan bisa membuat iritasi pada kulit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tampil cantik tentu menjadi dambaan para perempuan. Salah satu yang biasa dilakukan adalah menggunakan perhiasan yang unik. Namun, jangan sampai mengabaikan kenyamanan dan keamanan dalam berpenampilan. 

Terutama untuk para pemilik kulit sensitif yang harus teliti memilih aksesoris yang tepat. Karena, alih-alih tampil menawan, pemilik kulit sensitif malah bisa mengalami iritasi.

Baca Juga

Founder of Andall Studios, Bella Clarissa Jane, mengatakan selain mempercantik penampilan, perhiasan merupakan bentuk seseorang untuk mengekspresikan dirinya. Tak perlu khawatir akan kulit iritasi, simak empat tips untuk menggunakan perhiasan bagi kulit sensitif dari Andall Studios.

 

Ketahui material yang digunakan

Banyak orang tergiur dengan harga perhiasan yang relatif murah tanpa memerhatikan material yang digunakan. Sebelum menggunakan perhiasan, kamu perlu mengetahui jenis material yang tidak cocok di kulitmu untuk menghindari reaksi kulit, seperti iritasi atau kemerahan.

"Beberapa material yang aman di kulit, seperti 925 sterling silver, 18k gold plated, stainless steel, enamel, moissanite stones, swarovski crystal, hingga freshwater pearl bisa kamu jadikan opsi jika ingin menggunakan perhiasan dengan harga yang terjangkau tapi tetap terlihat stunning," paparnya dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Sabtu (12/2/2022).

 

Pastikan tempat penyimpanan bersih

Selain material yang digunakan, kamu perlu memastikan tempat penyimpanan perhiasanmu bebas dari debu. Selain mencegah kulit iritasi, kotak perhiasan yang bersih dapat menjaga dan memperpanjang kualitas dari perhiasan tersebut. Oleh karena itu, bersihkan tempat perhiasan dengan mencuci atau mengelapnya secara rutin. Tidak kalah penting, pastikan perhiasanmu sudah dalam keadaan bersih sebelum disimpan ke tempatnya. Lap dengan tisu berbahan lembut untuk membersihkan perhiasan setelah dipakai.

 

Hindari pemakaian perhiasan bertumpuk

Memakai perhiasan bertumpuk bisa memicu adanya kelembapan di bawah kulit. Tidak hanya itu, perhiasan bertumpuk berpotensi menimbulkan gesekan yang membahayakan kulit karena bisa menyebabkan iritasi. Sebaiknya, gunakan perhiasan dengan sewajarnya. Meskipun terkesan simple, penampilamnu akan tetap menawan jika kamu memadukan perhiasan yang tepat.

"Kamu bisa mengombinasikan beberapa jenis perhiasan untuk melengkapi penampilanmu, seperti menggunakan cincin dan gelang untuk mempercantik pergelangan tanganmu," kata Bella.

 

Beli di toko terpercaya

Saat membeli perhiasan, alangkah baiknya kamu membeli di tempat yang terpercaya. Dibutuhkan ketelitian untuk menilai kredibilitas dari suatu toko. Pastikan toko yang kamu tuju memiliki rating dan feedback yang baik dari para pembelinya.

"Toko dengan kredibilitas yang baik umumnya memiliki website dengan deskripsi produk yang jelas hingga cara merawat perhiasan, seperti Andall Studios," ujarnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA