Sunday, 4 Zulhijjah 1443 / 03 July 2022

Aksi Jamaah Masjid di Inggris Kompak Bersihkan Sampah di Jalan

Kamis 10 Feb 2022 10:14 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah

Bendera Inggris. (Ilustrasi) Jamaah Masjid Zeenat ul Islam Inggris kerja sama bersihkan sampah

Bendera Inggris. (Ilustrasi) Jamaah Masjid Zeenat ul Islam Inggris kerja sama bersihkan sampah

Foto: Andi Rain/EPA-EFE
Jamaah Masjid Zeenat ul Islam Inggris kerja sama bersihkan sampah

REPUBLIKA.CO.ID, COVENTRY – Komunitas masjid di Inggris kompak turun ke jalan untuk membersihkan sampah yang menumpuk. 

Seperti dilansir iqna.ir pada (10/2/2022) para jamaah Masjid Zeenat ul Islam membersihkan jalan-jalan di Kota Coventry yang dilaporkan penuh dengan sampah akibat mogoknya layanan sampah. Mereka membersihkan jalan yang dipenuhi sampah  di Foleshill. 

Baca Juga

Anggota lansia Masjid Zeenat ul Islam Coventry telah melaporkan melihat tumpukan sampah di jalan mereka ke masjid. 

Kelompok komunitas lokal Rising Stars bekerja sama dengan masjid dan anggota dewan lokal untuk membersihkan jalan-jalan yang sangat dibutuhkan. Masalah sampah di daerah itu telah memburuk  sejak mogoknya layanan tempat sampah Coventry. 

"Tempat sampah yang membeludak adalah akibat dari orang-orang petugas sampah tidak datang. Jadi, itu diperparah, tingkat kekacauan oleh banyaknya sampah," kata salah satu jamaah Ayaz Maqsood. 

Maqsood menjalankan Rising Stars, sebuah kelompok pemuda dan komunitas yang berkonsentrasi pada area Foleshill yang lebih besar. Masjid Zeenat ul Islam terletak di sudut Cambridge Street dan Stoney Stanton Road dan sangat populer. 

Namun, di area yang sama ada parade belanja yang penuh dengan makanan dan toko serta rumah tanpa taman depan yang mengarah ke tempat sampah yang tumpah di jalan. 

"Banyak pengunjung masjid yang lebih tua berjalan melewati sampah, itu tidak sedap dipandang, ini bukan hanya tentang masjid, tetapi juga jalan-jalan lokal," kata Maqsood. 

"Luar biasa, penduduk lokal dan pemilik toko, penasaran dengan apa yang kami lakukan, dan ketika kami menjelaskan, mereka berterima kasih kepada kami untuk itu, sering kali, mereka didorong untuk membersihkan kebun mereka sendiri setelah melihat kami,” kata dia menambahkan.      

Baca juga : Saudi Buat Ka'bah di Metaverse, Bagaimana Ibadah Haji?

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA