Kamis 10 Feb 2022 09:04 WIB

Perajin Kain Tenun Baduy Kembali Produksi

Selama ini, hampir dua tahun tidak produksi karena dilanda pandemi Covid-19.

Warga Suku Baduy menenun kain di Kampung Kaduketug, Lebak, Banten (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Muhammad Bagus Khoirunas
Warga Suku Baduy menenun kain di Kampung Kaduketug, Lebak, Banten (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LEBAK -- Sejumlah perajin kain tenun masyarakat adat Baduy di pedalaman Kabupaten Lebak, Provinsi Banten kembali berproduksi sehubungan meningkatnya permintaan konsumen. "Kita hampir dua tahun tidak produksi karena dilanda pandemi itu," kata Munah, seorang perajin kain tenun Baduy saat ditemui di kediamannya di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak, Kamis (10/2/2022).

Masyarakat Baduy kini mulai ramai kembali memproduksi kain tenun yang dikerjakan di bale-bale rumah. Mereka memproduksi kain tenun dikerjakan secara tradisional dan untuk ukuran panjang 2,5 meter dan lebar 2,0 meter bisa diselesaikan selama tiga hari. Para perajin itu, umumnya kaum perempuan untuk membantu ekonomi suami yang bekerja di ladang dengan menanam tanaman padi huma dan palawija.

Baca Juga

Saat ini, para perajin kain tenun khas Baduy mulai ramai, karena permintaan pesanan melalui digitalisasi aplikasi marketplace, Shopee dan Tokopedia. Selain itu juga banyak wisatawan yang mengunjungi kawasan permukiman Baduy, terlebih akhir pekan.

Meski saat ini masyarakat Baduy tengah memasuki bulan Kawalu, namun diperbolehkan wisatawan mengunjungi Baduy Luar. "Kami berharap produksi kain tenun Baduy kembali normal, sehingga dapat menggulirkan ekonomi masyarakat Baduy," katanya menjelaskan.

Menurut dia, harga kain tenun Baduy bervariasi antara Rp 150 ribu hingga Rp 1,2 juta tergantung kualitasnya. Produksi kain tenun Baduy juga banyak dijadikan bahan pakaian, bahkan perajin busana datang ke sini. Mereka para perajin busana kini melirik kain tenun Baduy, karena dinilai elegan juga warnanya cukup unik. "Kami menerima permintaan melalui digitalisasi dan konsumenya ada dari luar Pulau Jawa," katanya menjelaskan.

Begitu juga perajin lainnya, Neng mengaku dirinya kini memproduksi kain tenun juga kembali memajang produksi kerajinan Baduy di bale rumah sambil menunggu kedatangan pengunjung wisatawan. Produksi kerajinan Baduy, selain kain tenun juga selendang, pakaian batik Baduy, baju kampret, ikat kepala atau lomar, souvenir, tas koja, golok, dan madu lebah. "Kami hanya mengandalkan konsumen dari pengunjung wisatawan itu " katanya menjelaskan.

Tetua adat Baduy yang juga Kepala Desa Kanekes Kabupaten Lebak Jaro Saija mengatakan saat ini jumlah perajin sekitar 2.000 pelaku usaha. Namun kini kembali memproduksi dari sebelumnya menghentikan kegiatan akibat dampak pandemi Covid-19.

"Kami mendorong pelaku usaha itu dapat memproduksi, sehingga dapat meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga," katanya menjelaskan.

Sementara itu, Kepala Bidang UMKM Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Lebak Abdul Waseh mengatakan pemerintah daerah hingga kini tetap membina pelaku usaha masyarakat Baduy agar bisa bersaing pasar, karena memberikan kontribusi ekonomi setempat. Pembinaan itu, di antaranya mempromosikan produk kerajinan Badui juga pelatihan-pelatihan pemasaran melalui digitalisasi juga memfasilitasi penguatan modal."Kami juga menyediakan produk masyarakat Baduy di Plaza Lebak untuk membantu pemasaran mereka," ujar Abdul Waseh.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement